Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118267
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Kalor dan Perpindahannya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
Authors: RAHMAWATI, Yulia
Keywords: STAD
KEMAMPUAN BERPIKIR KRISTIS
HASIL BELAJAR
Issue Date: 29-May-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Perkembangan pendidikan ditandai dengan kemajuan ilmu dan teknologi menyebabkan setiap individu harus memiliki kemampuan “The 4Cs”. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh faktor banyaknya siswa yang pasif dan guru yang tidak mengemas pembelajaran secara menarik mengakibatkan pembelajaran berlangung monoton serta kesulitan siswa dalam mempelajari materi kalor dan perpindahannya sehingga dapat diatasi melalui pemilihan model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan peneliti yaitu untuk (1) menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dan (2) menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Penelitian quasi experiment menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 10 Jember pada semester gantil tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan teknik utama dan pendukung, Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk. uji Independent Sample T-test, uji T-pihak kanan, dan Mann Whitney U-test. Kesimpulan dari keseluruhan uji yaitu (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kalor dan perpindahannya berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dan (2) model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kalor dan perpindahannya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Oktober 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118267
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository - Yulia Rahmawati.pdf
  Until 2028-05-29
2.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools