Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118219
Title: Pengembangan Game Edukasi Puzzle Cromathernum Berbantuan Software Construct 3 untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Pola Bilangan
Authors: PRIYANTI, Nanda Rahma
Keywords: Game Edukasi
Puzzle Cromathernum
Sofware Construct 3
Pola Bilangan
Issue Date: 15-Jun-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa perubahan pesat dalam segala aspek kehidupan khususnya pada bidang pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memiliki keunggulan menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi sehingga siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran adalah game edukasi yang berisikan permainan, tantangan berupa masalah pola bilangan yang harus diselesaikan setiap levelnya. Dari game edukasi “Puzzle Cromathernum siswa dapat bermain sambil belajar sekaligus untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pola bilangan Pembuatan game edukasi 2D “Puzzle Cromathernum” menggunakan Software Construct 3. Game edukasi “Puzzle Cromathernum” dapat dioperasikan secara offline sehingga siswa dapat menggunakan game edukasi “Puzzle Cromathernum” sebagai sarana belajar dan hiburan tanpa jaringan internet. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan game edukasi “Puzzle Cromathernum” berbasis android untuk menigkatkan pemahaman siswa pada topik pola bilangan. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) tahap pengembangan (develope), dan tahap penyebaran (disseminate). Uji coba penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII SMPN 1 Krian. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan game edukasi “Puzzle Cromathernum” berbasis android yang dikembangkan. Hasil pengembangan game edukasi “Puzzle Cromathernum” pada penelitian ini sebagai berikut: a. Kriteria kevalidan dengan nilai koefisien korelasi pada game edukasi “Puzzle Cromathernum” sebesar 0,97 termasuk dalam kategori valid dengan interpretasi sangat tinggi sehingga dapat digunakan dalam pengambilan data selanjutnya. b. Kriteria keefektifan ditunjukkan dengan N-Gain dari keseluruhan hasil tes awal dan tes akhir siswa dengan angka 0,77 yang menunjukkan interpretasi keefektifan efektif sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada topik pola bilangan. c. Praktis ditunjukkan dengan perolehan data angket respon pengguna dengan presentase 83,5% dan menjadikan game edukasi “Puzzle Cromathernum” dikategorikan baik sehingga dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil kesimpulan game edukasi “Puzzle Cromathernum” berbasis android telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Description: validasi_repo_firli_oktober_2023_03
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118219
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Nanda Rahma Priyanti.pdf
  Until 2028-07-06
1.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools