Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/11805
Title: PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT PADA CV. BIMO KRISNO TOUR & TRAVEL JEMBER
Authors: Nur Primawanti Setyaningrum
Keywords: ANALISIS SWOT
Issue Date: 24-Dec-2013
Series/Report no.: 030810201264;
Abstract: Strategi pemasaran merupakan bagian yang penting dalam pelaksanaan strategi perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threat) pada Bimo Krisno Tour & Travel Jember. Penelitian ini menggunakan metode survey dan studi pustaka. Penelitian survey bertujuan untuk mengetahui obyek penelitian dengan melihat dan mendengar segala sesuatu tentang obyek secara langsung serta mendapatkan informasi dan data yang berhubungan dengan permasalahan dan tujuan yang telah ditetapkan. Informasi ini digunakan untuk mengetahui variabel kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan yang digunakan untuk menyusun alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Dalam pelaksanaannya peneliti memperoleh data dari penyebaran kuesioner kepada 50 responden yang terdiri dari 12 responden untuk internal dan 38 responden untuk eksternal perusahaan. Hasil pengolahan data faktor strategis perusahaan dipakai sebagai acuan untuk menentukan strategi pemasaran secara global dengan IE Matriks dan alternatif strategi pemasaran dengan Matriks SWOT yamg kemudian akan di pilih strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Data dari perusahaan kemudian di analisis dengan menggunakan analisis faktor internal (IFAS) dan analisis faktor eksternal (EFAS). Data yang diperoleh dari IFAS dan EFAS tersebut digunakan untuk menentukan posisi kuadran perusahaan. Setelah di tentukan posisi kuadran perusahaan, kemudian digunakan analisis SWOT sehingga dapat ditentukan kebijakan dan strategi yang harus dilakukan oleh CV. Bimo Krisno Tour & Travel Jember. Berdasarkan hasil pengolahan data yaitu IE Matriks yang mengacu pada perhitungan tabel IFAS dan EFAS menunjukkan CV. Bimo Krisno Tour & Travel Jember berada pada kuadran V dengan total skor faktor strategis eksternal (EFAS) adalah 2,1890 yang memberikan arti bahwa Bimo Krisno Tour & Travel Jember mempunyai peluang untuk tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang dengan melakukan antisipasi terhadap ancaman-ancaman seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tersebut. Sedangkan total skor faktor strategis internal (IFAS) adalah 2,3175 yang memberikan arti bahwa Bimo Krisno Tour & Travel memiliki kekuatan dan kelemahan rata-rata, dimana kekuatan yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk meminimalkan kelemahannya. Strategi global perusahaan Bimo Krisno Tour & Travel Jember berada pada kuadran V yaitu strategi stabilitas atau pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integritas horizontal.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11805
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
28_01.pdf156.88 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools