Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118038
Title: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi SIswa dalam Model Problem Based Learning (Studi Kasus Pada Pembelajaran Bisnis Retail di Kelas XI PM SMKN 4 Jember)
Authors: Aula, Nisa
Keywords: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Problem Based Learning
Pembelajaran Bisnis Retail
Issue Date: 15-Jun-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kualitas pendidikan di Indonesia di tingkat pendidikan dunia masih terbilang rendah di nilai dari segi sistem maupun kualitas pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari data yang dipublikasikan oleh World Population Review pada tahun 2021, Indonesia berada di peringkat ke-54 dari total 78 negara. Kurikulum yang masih berlaku di Indonesia pada abad 21 ini adalah kurikulum merdeka, salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi yang dapat diamati dari proses pengetahuan siswa pada pelaksanaan pembelajaran. Bisnis Retail adalah salah satu mata pelajaran yang terdapat di SMKN 4 Jember yang ada dalam tatanan kurikulum merdeka yang disertai adanya pembekalan pengetahuan serta keterampilan bagi siswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yang membahas ruang lingkup pelaksanaan pemasaran di dunia bisnis. Sedangkan model pembelajaran yang dipandang dapat memfasilitasi dan mendorong peserta didik dalam penguasaan konsep pembelajaran abad 21 serta melatih mengembangkan konsep keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penentuan daerah penelitian ini menggunakan teknik purposive area dengan menggunakan teknik non probability sampling, dengan informan berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 1 kelas. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI PM SMKN 4 Jember yang terdiri dari 2 indikator dengan persentase mulai dari tertinggi hingga terendah sebagai berikut: 1) Pada indikator menganalisis (C4) sebesar 81% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”. 2) indikator mengevaluasi (C5) sebesar 76% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”. Dari kedua indikator tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwasannya secara keseluruhan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMKN 4 Jember pada mata pelajaran bisnis retail dalam model problem based learning memiliki persentase sebesar 79% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 27 September 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118038
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Skripsi.pdf
  Until 2028-07-07
1.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools