Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118003
Title: Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Authors: NANDINI, Nala Faradika
Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN
PUZZLE
HASIL BELAJAR
Issue Date: 13-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran membutuhkan media pembelajaran yang inovatif untuk mempermudah siswa dalam menerima materi dan menciptakan proses belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 8 lingkungan sahabat kita. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasi experiment. Penelitian dilaksanakan di UPTD SPF SDN Kotakulon 2 Bondowoso. Sampel yang diteliti sebanyak 45 siswa kelas V, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan instrumen tes yaitu pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t, dan uji keefektifan relatif. Hasil pengujian independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yang memperoleh sebesar 0,00 > 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil hipotesis tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen (VB) dengan kelas kontrol (VA). Media pembelajaran puzzle dapat melatih siswa berpikir tingkat tinggi, melatih siswa berpikir kritis, menumbuhkan sikap kolaboratif, dan aktif dalam pembelajaran.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 26 September 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118003
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DIG REPOSITORY-NALA 190210204017.pdf
  Until 2028-06-13
690.45 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools