Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117992
Title: | Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen terhadap Hasil Belajar Tema Gaya di Sekitar kita pada Siswa Kelas IV di SDN Sempusari 01 Jember |
Authors: | ARDIARINI, Shofiatud Darojah |
Keywords: | METODE PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN EKSPERIMEN KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN DASAR |
Issue Date: | 23-May-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Perkembangan kurikulum dalam pembelajaran selalu ada pembaharuan, seperti yang diterapkan pada sekolah dasar negeri khususnya kelas IV di Kabupaten Jember. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka atau biasa disebut merdeka belajar. Kurikulum ini dirancang pemerintah untuk mendorong guru agar dapat membentuk karakter siswa yang memiliki jiwa kemerdekaan untuk bebas mengeksplor pengetahuan, sikap dan keterampilannya dari lingkungan sekitar. Hal ini berkaitan dengan metode pembelajaran eksperimen yaitu siswa dapat belajar mengeksplor khususnya dalam tema gaya di sekitar kita. Guru di kelas IV SDN Sempusari 01 Jember jarang sekali menggunakan metode eksperimen dalam penyampaian tema tema gaya di sekitar kita. Mereka hanya mengandalkan buku paket dan penjelasan guru saja dalam memberikan pemahaman pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh penerapan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar tema gaya di sekitar kita pada siswa kelas IV SDN Sempusari 01 Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar tema gaya di sekitar kita pada siswa kelas IV SDN Sempusari 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sempusari 01 Jember. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV A sebanyak 30 siswa dan kelas IV B sebanyak 29 siswa. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti melakukan uji homogenitas dengan untuk mengetahui kemampuan awal siswa di kedua kelas tersebut. Hasil uji homogenitas yang dilakukan diperoleh nilai thitung viii sebesar -0,91. Nilai tersebut dapat dikatakan homogen karena nilai thitung < ttabel yaitu -0,91 < 1,67. Hasil penelitian dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 25.0 untuk menghitung t-test dan memperoleh nilai thitung sebesar 13,86. Kemudian hasilnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel, diketahui df = (30 + 29) – 2, df = 57 dengan taraf signifikan 5%, nilai ttabel didapatkan yaitu 1,67. Dari hasil t-test menujukkan bahwa nilai ttabel < thitung yaitu 1,67 < 13,86. Peneliti menyimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran tema gaya di sekitar kita terhadap hasil belajar pada siswa. Keefektifan pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen dapat dihitung menggunakan uji keefektifan relatif. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif pada penelitian ini adalah sebesar 54,25% yang termasuk dalam kriteria keefektifan sedang. Sehingga disimpulkan bahwa metode pembelajaraan eksperimen pada tema gaya di sekitar kita pada siswa kelas IV SDN Sempusari 01 memberikan pengaruh keefektifan sebesar 54,25% kepada hasil belajar siswa, sedangkan 45,75% lainnya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal siswa. |
Description: | validasi_repo_firli_agustus_2023_14; Finalisasi oleh Taufik Tgl 26 September 2023 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117992 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
bendel skripsi shofi.pdf Until 2028-05-23 | 2.97 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools