Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117870
Title: Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer
Authors: NINGRUM, Hardiyanti Lidiya
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis
Florence Littauer
Tipe Kepribadian
Issue Date: 16-Jun-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan angket tipe kepribadian Florence Littauer, soal cerita materi SPLDV, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMPN 2 Jember, diambil 2 sampel dari masing-masing tipe kepribadian. Beradasarkan hasil penelitian, siswa dengan kepribadian sanguinis kurang mampu dalam berkomunikasi matematika secara tulis pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV, siswa sanguinis lebih mampu dalam berkomunikasi matematis secara lisan. Siswa dengan tipe kepribadian koleris mampu dalam berkomunikasi matematis secara tulis dan lisan pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV. Siswa dengan tipe kepribadian melankolis mampu dalam berkomunikasi matematis secara tulis dan lisan pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV. Siswa dengan tipe kepribadian plegmatis mampu dalam berkomunikasi matematis secara tulis dan lisan pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV.
Description: Finalisasi repositori 13 September 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117870
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hardiyanti Lidiya Ningrum_160210101001 Unggah repository.pdf
  Until 2028-07-05
6.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools