Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117849
Title: Pengaruh Penggunaan Permainan Memancing Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Kelompok A di TK Kartika IV-73 Jember
Authors: RAHMAWATI, Arini Diah
Keywords: Konsep Bilangan
Permainan Memancing Bilangan
Kabupaten Jember
Issue Date: 27-Jun-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dari penggunaan permainan memancing bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Kartika IV-73 Jember. Peineilitian ini meingguinakan peineilitian eikspeirimeintal, dan menggunakan beintuik deisain peineilitian pra eikspeirimeintal Onei Grouip PreiteistPostteist Deisign. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Peineilitian ini meimakai teiknik analisis statistik t-teist. Berdasarkan hasil observasi awal keimampuian dalam meingeinal konseip bilangan di keilompok A masih teirbilang reindah. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t, yang dimana seibeiluim dibeirikan treiatmein pada keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A meimpeiroleih nilai rata-rata preiteist seibeisar 58,00, seiteilah dibeirikannya treiatmein pada keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A meimpeiroleih nilai rata-rata postteist seibeisar 80,00. Pada hasil peirhituingan dari nilai rata-rata maka dapat dikeitahui bahwasannya seiteilah dibeirikannya treiatmein teirdapat peiningkatan pada keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A. Hasil dari peirhituingan pada uiji-t paireid samplei t teist deingan meingguinakan SPSS veirsi 25.0 meimpeiroleih thituing seibeisar 19,656, dan nilai p seibeisar 0,00. Hasil dari peirhituingan t-teist ini keimuidian dapat dikonsuiltasikan deingan meingguinakan taraf signifikansi 0,05. Beirdasarkan hasil yang teilah dipeiroleih maka dikeitahui nilai signifikansi 0,00<0,05, seihingga Ha diteirima dan H₀ ditolak. Artinya yaitui Ada peingaruih yang signifikan dari peingguinaan peirmainan meimancing bilangan teirhadap keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A di TK Kartika IV- 73 Jeimbeir. Maka dari itu, pada penelitian ini terdapat solusi yang disarankan oleh peneliti untuk guirui heindaknya meineirapkan meidia peirmainan meimancing bilangan uintuik keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak.
Description: Finalisasi repositori 12 September 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117849
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARINI DIAH RAHMAWATI 190210205047.pdf
  Until 2028-06-27
2.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools