Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117805
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorMAGISTA, M. Isa
dc.date.accessioned2023-09-07T22:12:49Z
dc.date.available2023-09-07T22:12:49Z
dc.date.issued2023-06-26
dc.identifier.nim160810201274en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117805
dc.descriptionFinalisasi repositori 8 September 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractFenomena e-commerce atau pasar virtual adalah sebuah perkembangan terkini dalam bidang ekonomi berkat kemajuan IPTEK yang merevolusi cara perekonomian berjalan terutama aktifitas jual beli yang sekarang dapat dilakukan secara daring, transaksi e-commerce juga mengakibatkan kebutuhan akan jasa pengiriman barang meningkat pesat sehingga menjadi peluang yang dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan-perusahaan logistik dengan memperluas kapasitas operasionalnya, kondisi ini pada akhirnya mengakibatkan persaingan yang ketat di antara perusahaan-perusahaan logistik agar dapat mendominasi pangsa pasar kebutuhan jasa pengiriman barang. JNE adalah salah satu perusahaan logistik yang menguasai sebagain besar pangsa pasar jasa pengiriman barang di Indonesia sehingga perusahaan ini perlu untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya agar dapat mempertahankan posisinya tersebut, sedangkan PT Anugerah Bintang Sejahtera Abadi JNE Jember adalah salah satu perwakilan JNE pusat di daerah yang paling berprestasi. Perusahaan-perusahaan logistik saat ini masih sangat bergantung pada tenaga manusia untuk beroperasi sehingga meningkatkan kinerja para karyawan merupakan kunci untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan, kinerja seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor internal dari dalam diri seseorang seperti kepribadian dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri seseorang seperti kepemimpinan dan kompensasi. Berdasarkan alasan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepribadian, kepemimpinan, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan operasional PT Anugerah Bintang Sejahtera Abadi JNE Jember pada tahun 2023 agar menghasilkan kesimpulan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak manajemen untuk mengambil kebijakan di masa yang akan datang. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan asosiatif kausal yang berusaha mencari hubungan dari Kepribadian, Kepemimpinan, dan Kompensasi terhadap Kinerja melalui pengujian hipotesis menggunaan metode analisis regresi berganda, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dalam bentuk data ordinal yang menggambarkan presepsi responden atas suatu variabel, data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner pada 86 responden yang diambil secara acak dari populasi karyawan operasional PT Aanugerah Bintang Sejahtera Abadi JNE Jember yang berjumlah 110 orang menggunakan metode pengambilan sampel acak sederhana. Dari hasil analisis data dengan metode regresi linear berganda didapatkan persamaan fungsi Y= 0,553+ 0,365X1 + 0,584X2 + -0,006X3 + e yang berarti bahwa kinerja dipengaruhi secara positif oleh kepribadian dan kepemimpinan serta secara negatif oleh kompensasi, akan tetapi hasil uji t membuktikan bahwa kinerja dipengaruhi oleh kepribadian dan kepemimpinan secara sedangkan tidak dipengaruhi oleh kompensasi. Kemudian dari hasil Uji F dapat diketahui bahwa kinerja dipengaruhi oleh kepribadian, kepemimpinan, dan kompensasi secara bersama-sama. Lalu berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diapat disimpulkan bahwa 64,8% perubahan terhadap kinerja berasal dari pengaruh kepribadian, kepemimpinan, dan kompensasi. Kinerja karyawan operasional PT Anugerah Bintang Sejahtera Abadi JNE Jember dapat ditingkatkan dengan menempatkan karyawan pada posisi-posisi kerja yang sesuai dengan tipe kepribadianya berdasarkan pembagian dimensi kepribadian lima besar, kemudian melalui penerapan kepemimpinan yang efektif berdasarkan tiga dimensi utama kepemimpinan oleh atasan pada bawahan sesuai struktur organisasi yang digunakan. Sedangkan pengaruh negatif dan tidak signifikan dari kompensasi terhadap kinerja kemungkinan besar disebabkan oleh pemilihan indikator pengukur kompensasi yang kurang tepat sehingga data yang diperoleh kurang dapat menggambarkan hubungan yang terjadi antara kinerja dan kompensasi, akan tetapi diharapkan perusahaan dapat menerapkan sistem kompensasi langsung yang terikat dengan kinerja seorang karyawan agar dapat merangsang motivasi karyawan tersebut untuk meningkatkan kinerjanya.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr.Purnamie Titisari, S.E., M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Tatok Endhiarto, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectE-Commerceen_US
dc.subjectKabupaten Jemberen_US
dc.subjectPerusahaan Logistik JNEen_US
dc.titlePengaruh Kepribadian, Kepemimpinan, dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Operasional PT. Anugerah Bintang Sejahtera Abadi JNE Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS1 Manajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Purnamie Titisari, S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Tatok Endhiarto, S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juli_2023_11en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
File Repository.pdf
  Until 2028-07-11
1.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools