Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117791
Title: Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Coffee Shop di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)
Authors: SUSANTI, Dwi
Keywords: Orientasi Pasar
Orientasi Kewirausahaan
Kinerja Pemasaran
Kabupaten Jember
Coffee shop
Issue Date: 26-Jun-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Kabupaten Jember dikenal sebagai salah satu penghasil kopi yang cukup berkualitas dan juga sebagai pusat penelitian kopi dan coklat yang telah mendapatkan banyak penghargaan. Hal ini dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk mencari keuntungan dengan cara membuka usaha dalam bidang Coffee shop. Coffee shop saat ini menjadi rekomendasi sebagai tempat yang nyaman untuk sekedar nongkrong, sharing ataupun melakukan kegiatan kreatif lainnya. Bisnis Coffee shop dalam Kecamatan Sumbersari terus meningkat dan mengahasilkan kinerja pemasaran yang cukup baik. Peningkatan tersebut didukung oleh letak Kecamatan Sumbersari yang berada dipusat lembaga pendidikan Kabupaten Jember. Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik melakukan penelitian pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada Coffee shop Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh Orientasi Pasar (X1), Orientasi Kewirausahaan (X2) secara parsial dan simultan terhadap Kinerja Pemasaran (Y). Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan korelasi kausal asosiatif untuk mengetahui pengaruh antara variabel orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini merupakan pemilik Coffee shop Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dan jumlah sampel dalam penelitian ini 30 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total. Hasil penelitian pengujian dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa: 1) orientasi pasar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada Coffee shop Kecamatan Sumbersari. 2) Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada Coffee shop Kecamatan Sumbersari. 3) Orientasi pasar, orientasi kewirausahaanberpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja pemasaran pada Coffee shop Kecamatan Sumbersari.
Description: Finalisasi repositori 7 September 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117791
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi Susanti - 160910202021.pdf
  Until 2028-07-13
1.88 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools