Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117681
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XIII SMP Negeri 1 Kalibaru
Authors: SASYONY, Tya Endah
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
TEAM GAMES TOURNAMENT
Issue Date: 20-Mar-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalibaru. Hal ini dilakukan atas dasar hasil belajar matematika siswa dan antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika tergolong rendah. Salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut diperkirakan oleh pihak sekolah karena pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut masih menggunakan sistem ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibaru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari hasil soal Pretest-Posttest yang telah dikerjakan oleh kedua sampel masing-masing sebanyak 5 soal. Soal PretestPosttest telah divalidasi oleh dua validator dan dinyatakan valid. Rancangan Penelitian ini menggunakan tipe Pretest-Posttest Control Desaign. Berdasarkan hasil tes yang telah diperoleh, dilakukan Uji Normalitas dan Homogenitas dan didapatkan hasil bahwa data berdistribusi normal dan tidak homogen. Data ini kemudian dianalisis menggunakan Uji Hipotesis dengan Uji Independent Sample T-Test dan didapatkan hasil sig. (2-tailed) adalah 0,000. Hasil signifikansi tersebut menunjukkan sig. (2-tailed) < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalibaru. Hal ini sejalan dengan perhitungan nilai hasil tes siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan nilai ratarata nilai sebesar 156%. Sedangkan siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Direct Instruction hanya mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 68%.
Description: validasi_repo_firli_juni_2023_23 Finalisasi repositori 23 Agustus 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117681
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-06-23
3.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools