Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117522
Title: Pengaruh Buku Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Pokok Bahasan Bioteknologi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrial
Authors: KHOIROH, Kamilatul
Keywords: BIOTEKNOLOGI
BUKU AJAR
STEM
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
PERTANIAN INDUSTRIAL
Issue Date: 19-May-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah dan mengambil suatu keputusan dari berbagai aspek dan sudut pandang. Kemampuan berpikir kritis siswa yang baik ditandai dengan hasil belajar yang memuaskan. Sedangkan siswa di Indonesia masih memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah berdasarkan data dari Programme for International Student Assesment (PISA) yang menduduki peringkat peringkat 71 dari 79 negara. Oleh karena itu, diperlukan adanya alternatif solusi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh buku ajar berbasis STEM khususnya materi Bioteknologi terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMAN 3 Jember. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Jember pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII MIPA di SMAN 3 Jember. Penentuan sampel penelitian diperoleh menggunakan uji kesetaraan One Way-Anova sehingga terpilih sampel yang terdiri dari 31 siswa XII MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 4 sebagai kelas kontrol melalui teknik random sampling. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pre Test-Post Test-Control Group Design dengan teknik pengumpulan data utama melalui Pre Test dan Post Test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotor melalui teknik observasi. Adapun teknik pengumpulan data pendukung lainnya berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini untuk keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif menggunakan uji hipotesis statistik parametrik ANAKOVA. Adapun untuk hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor menggunakan uji statistik parameterik Independent Sample T-Test. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Berdasarkan analisis data keterampilan berpikir kritis dengan uji ANAKOVA didapat nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,00<0,05. Berikutnya, dengan uji yang sama yaitu uji ANAKOVA diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,00<0,05 untuk hasil belajar kognitif. Sedangkan analisis data hasil belajar afektif menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,001<0,05 dan 0,00<0,05 untuk hasil belajar psikomotor berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test. Dari hasil analisis data tersebut maka diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh buku ajar berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas XII SMA di kawasan pertanian industrial.
Description: validasi_repo_firli_agustus_2023_4
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117522
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi - repository.pdf
  Until 2028-06-15
1.6 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools