Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117493
Title: | Pengaruh Media Teka-teki Silang terhadap Hasil Belajar IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya pada Siswa Kelas IV di SDN Tanggul Kulon 01 Jember |
Authors: | PRAYI, Ishlah Alwaritsa Aida |
Keywords: | Media Teka-teki Silang Hasil Belajar IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya |
Issue Date: | 15-May-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pada materi pelajaran IPAS Bab 6 Indonesiaku kaya budaya ini siswa akan belajar tentang keragaman budaya dan kearifan lokal masing-masing daerah. Siswa mengetahui manfaat dan perlindungan keanekaragaman budaya di Indonesia. Dari pemahaman ini memungkinkan siswa untuk menerapkan nilai toleransi perbedaan dan keragaman di lingkungan mereka. Siswa bisa berusaha untuk melestarikan budaya dalam kehidupan kita sehari-hari. Siswa sadar akan kekayaan budaya di sekitar dan menciptakan kebanggaan menerapkan nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menelusuri informasi untuk memahami apa yang mendorong keragaman di lingkungan mereka. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV SDN Tanggul Kulon 01 di kota Jember mengenai media pembelajaran penerapannya dalam Kurikulum Merdeka Belajar, dikarenakan masih materi-materi awal media pembelajaran diusahakan dan disiapkan oleh guru, jika belum terdapat media pembelajaran, pembelajaran terasa tidak real, kurangnya pengenalan serta penggunaan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru menyebabkan siswa kurang mengetahui mengenai materi kekayaan budaya Indonesia, kurangnya inovasi dan kreasi dalam menggunakan media pembelajaran. Tidak jarang siswa mengalami kesulitan untuk mengetahui kekayaan budaya Indonesia. Hal tersebut berdampak pada pemahaman penguasaan materi pelajaran IPAS pada Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Berdasarkan data observasi dan dokumentasi yang diperoleh pada siswa kelas IV SDN Tanggul Kulon 01 data diperoleh dari lapangan saat mengamati siswa kelas IV yaitu media pembelajaran tidak selalu digunakan dalam memberikan materi kepada siswa, mengacu pada buku siswa, kemudian siswa diminta untuk bergiliran membaca materi di kelas, guru mengatur suasana agar tugas tetap dilakukan dengan efisien, membimbing siswa satu-persatu ke tempat duduknya masing-masing. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan jenis penelitian eksperimen kuasi atau semu dengan pola penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanggul Kulon 01 Jember, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Data dalam penelitian ini berupa hasil pretest posttest siswa materi pelajaran IPAS pada Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji t-test, uji ER (Keefektifan Relatif), Uji Validitas, dan Uji Reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji-t menunjukkan hasil thitung sebesar 11,27. Perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5%. Nilai ttabel dengan derajat kebebasan 41 adalah 0,681. Diketahui bahwa 11,27 > 0,681 atau thitung > ttabel. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan thitung > ttabel maka 11,27 > 0,681 telah memenuhi kriteria. Hipotesis alternatif (H1) diterima, keputusan ini juga didukung dengan perbedaan nilai pretest-posttest pada kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimental memiliki nilai beda pretest posttest 37,14 dan kelompok kontrol 17,52. Masing-masing kelompok memiliki peningkatan terhadap hasil belajar setelah diberi perlakuan. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata nilai posttest 19,7 lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pada uji keefektifan relative (ER) menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang lebih efektif 71%. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan media teka-teki silang terhadap hasil belajar IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya pada siswa kelas IV di SDN Tanggul Kulon 01 Jember. Saran yang dapat diberikan yaitu guru dalam memberikan pertanyaan dan menggunakan media teka-teki silang (tts) harus disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan kemampuan siswa. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117493 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
T.A ISHLAH 180210204293 WATERMARK.pdf Until 2028-06-13 | 647.99 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools