Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117322
Title: Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara La Moelu dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Bahasa Indonesia Di MAN 2 Jember
Authors: PUTRI, Dzikryah Arditha
Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN
CERITA RAKYAT
METODE PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
Issue Date: 18-Mar-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Cerita rakyat bisa dimaksud sebagai ekspresi budaya sesuatu masyarakat lewat tutur bahasa yang berhubungan langsung dengan bermacam aspek budaya dan lapisan nilai sosial warga tersebut. Dulu, cerita rakyat diwariskan secara turun- menyusut dari satu generasi ke generasi selanjutnya secara lisan( Hutomo, 1991: 4). Cerita rakyat ialah bagian dari sastra wilayah, ialah sastra yang umumnya diungkapkan dalam bahasa wilayah. Cerita rakyat sangat digemari oleh warga sebab bisa dijadikan selaku suri tauladan serta pelipur lara, serta bertabiat jenaka. Oleh sebab itu, cerita rakyat terdapat ajaran budi pekerti atau pendidikan moral dan hiburan bagi masyarakat. Kenny (dalam Nurgiyantoro, 2012: 320) menyatakan bahwa moral adalah kelakuan yang sesuai dengan dimensi atau nilai- nilai warga yang mencuat dari hati dan bukan paksaan dari luar, yang diiringi pula oleh rasa tanggung jawab atas kelakuan atau aksi tersebut. Aksi ini haruslah mendahulukan kepentingan universal daripada kepentingan individu. Moral ialah pengetahuan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Moral pula berarti ajaran yang baik serta kurang baik perbuatan, serta kelakuan( akhlak). Moral bisa di pandang sebagai salah satu bentuk tema dalam wujud yang sederhana, namun tidak seluruh tema dalam wujud yang sederhana. Moral ialah keahlian seseorang membedakan antara baik atau buruk ( Nurgiyantoro 2005: 266) Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana deskripsi cerita rakyat Sulawesi Tenggara La Moelu, 2) Bagaimanakah nilai moral dalam cerita rakyat Sulawesi Tenggara La Moelu yang dapat dipelajari peserta didik dan, 3) Bagaimanakah pemanfaatan cerita rakyat Sulawesi Tenggara La Moelu sebagai alternatife bahan ajar di MA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi, yaitu mendeskripsikan wujud cerita dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat sehingga dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran bahasa Indonesia. Endraswarsa ( 2003: 62) menyebutkan bahawa penelitian kualitatif foklor menggunakan penyajian hasil melalui kata-kata atau kalimat dalam suatu struktur logika, sehingga mampu menjelaskan fenomena budaya. Penelitian ini menekankan pada teks cerita rakyat Sulawesi Tenggara La Moelu. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, kalimat-kalimat yang memiliki nilai atau makna. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai di balik data yang tampak (Sugiyono, 2019). Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah deskripsi teks cerita rakyat Sulawesi Tenggara La Moelu digunakan sebagai contoh teks cerita rakyat yang dapat digunakan sebagai pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X AGAMA I MAN 2 Jember. Ditemukan nilai-nilai moral yang dilihat dari hubungan-hubungan yang ada di kehidupan manusia yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia. Hubungan-hubungan tersebut antara lain, 1) hubungan manusia dengan Tuhan, 2) hubungan manusia dengan alam, 3) hubungan manusia dengan orang lain, dan 4) hubungan manusia dengan diri sendiri. Pemanfaatn sebagai alternatif pembelajaran bahasa Indoensia dari penelitian ini sesua dengan kompetensi dasar bawah pada jenjang menengah atas kelas X bersumber pada kurikulum 2013 yang sesuai dengan hasil dari riset ini ialah: 3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulisan, 4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca, 3.8 Mebandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen dan, 4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memperhatikan isi dan nilai-nilai.
Description: validasi_repo_firli_juli_2023_06 Finalisasi repositori 21 Juli 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117322
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
dzikryah repository.pdf
  Until 2028-06-23
1.16 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools