Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117313
Title: Eksplorasi Engineering and Scince Performance Siswa SMP pada Materi Kalor dan Perpindahannya Ditinjau dari Perbedaan Gender
Authors: SARI, Adinda Febi Puspita
Keywords: ENGINEERING PERFORMANCE
SCIENCE PERFORMANCE
GENDER
PEMBELAJARAN IPA
Issue Date: 26-May-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pada abad 21, sistem pembelajaran dapat dikatakan baik bila mencakup keterampilan berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan suatu masalah, kemampuan kolaborasi dan kemampuan komunikasi yang baik. IPA, baik sebagai proses maupun produk pembelajaran, seharusnya diajarkan secara seimbang, namun dalam praktiknya, pendidikan IPA di sekolah selama ini belum mengiringi proses ilmiah tetapi hanya menekankan pada pemahaman konsep. Penggunaan metode yang tepat akan menjadikan siswa secara efektif mampu menerima pesan yang disampaikan serta peran guru sebagai fasilitator dan pusat pembelajaran terdapat pada siswa itu sendiri (student centered learning) Rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia, hal itu dapat dikarenkan engineering and science performance siswa yang masih tergolong rendah. Selain itu kesenjangan gender dalam kelas engineering and science juga muncul di Indonesia, terutama di pulau jawa. Peneliti lain juga menunjukkan bahwa siswa SMP perempuan di Pulau Jawa sedikit kurang tertarik pada pekerjaan engineering. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui engineering and science performance Siswa SMP pada materi kalor dan perpindahannya ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatifi dengan pendekatan Etnografi untuk mengeksplorasi engineering and science performance siswa ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian inii akan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ajung Jemberppada tahun ajaran 2022-2023 semesterr ganjil. Dengan partisipan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ajung Jember sebanyak 6 siswa yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling area. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul akan direduksi untuk membuang data yang tidak diperlukan. Setelah direduksi, data akan dianalisis sesuai indikator engineering and science performance kemudian ditarik kesimpulan. Hasil eksplorasi Engineering performance siswa laki-laki lebih unggul dibandingkan perempuan, tetapi tidak menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Hal ini disebabkan karena siswa laki-laki secara signifikan lebih terlibat dalam kepemimpinan aktif, melakukan hal-hal seperti mengarahkan orang lain, menyarankan, memulai kegiatan dan memanipulasi materi, sebaliknya partisipasi siswa perempuan seringkali berfokus pada bantuan pasif dan pencatatan atau membangun hubungan dengan orang lain, mengamati dan mengikuti arahan. Kemudian untuk, Science performance siswa perempuan lebih mendominasi. Jumlah perilaku science performance antara laki-laki dan perempuan terlihat cukup signifikan jumlahnya. Perempuan lebih unggul di science performance pada bagian menjelaskan konsep sains kepada anggota kelompoknya, melalukan pencatatan, dan mengarahkan anggota kelompok sesuai prosedur pelaksanaan kegiatan serta lebih berani untuk meminta pendapat dari guru. Sedangkan siswa laki-laki untuk perilakus science performance lebih kepada perilaku mengamati aktivitas secara pasif, serta mendengarkan dan mengikuti arahan dari guru dan siswa lain. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil engineering performance siswa laki-laki lebih unggul dibandingkan perempuan, tetapi tidak menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Hasil science performance siswa lakilaki dan perempuan terlihat cukup signifikan jumlahnya.
Description: validasi_repo_firli_juli_2023_14; Finalisasi oleh Taufik Tgl.20 Juli 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117313
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository.pdf
  Until 2028-07-06
2.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools