Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117297
Title: | Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Gambar seri di TK Ar-Ruhama Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo |
Authors: | ILMIAH, Nurul |
Keywords: | MEDIA GAMBAR SERI KEMAMPUAN BICARA ANAK |
Issue Date: | 16-Jan-2023 |
Publisher: | FKIP |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media gambar seri usia 5-6 tahun pada kelompok A di TK AR RUHAMA Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan atau action research. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus yaitu, siklus 1 dan siklus 2, dengan tahapan masing-masing yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok A dengan jumlah anak 17, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas kelompok A dan bertindak sebagai observer/pengamat. Berdasarkan pratindakan skor 8,7%, pada siklus 1 terjadi peningkatan mencapai 22%, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan mencapai 62,7% pada kategori berkembang sesuai harapan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK AR RUHAMA. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik Tgl.20 Juli 2023 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117297 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NURUL ILMIAH.pdf Until 2028-03-17 | 2.09 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools