Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117264
Title: | Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso |
Authors: | RAHMATULLAH, Muhammad Haris |
Keywords: | PROJECT BASED LEARNING MEDIA POWTOON METODE PEMBELAJARA MEDIA PEMBELAJARAN |
Issue Date: | 16-May-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia disebabkan beberapa faktor yaitu guru masih belum optimal dalam menerapkan model, media, teknik, dan pendekatan yang bervariasi dalam pembelajaran di kelas. Model Project Based Learning merupakan model yang memberikan kemudahan bagi siswa dalam membuat karya nyata yang berkaitan dengan materi pembelajaran di kelas untuk dirancang, dilaksanakan, dan dipresentasikan di depan orang lain. Siswa dituntut untuk berinovasi dan berkreasi sehingga dapat menarik kesimpulan dari projek yang dibuat. Model Project Based Learning yang dikolaborasikan dengan media pembelajaran Powtoon atau media berbasis audiovisual diharapkan mampu untuk memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Sekarputih 02 Bondowoso dengan Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 5 pokok bahasan IPA pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso. Metode Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan tes. Sebelum melakukan penelitian maka kedua kelas dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil dari uji homogenitas kedua variansi data yaitu diperoleh sebesar 0,161 > 0,05 (Homogen). Hasil uji normalitas kedua variansi data yaitu (0,331; 0,103; 0,208; 0,032) > 0,05 (Berdistribusi normal). Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-test diketahui bahwasannya nilai thitung menunjukkan angka sebesar 5.929. Diketahui derajat kebebasan (db) yaitu (28+28)-2 = 54). Nilai ttabel dapat dilihat pada tabel distribusi t dengan nilai ttabel bernilai 2.004, sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel (5.929 > 2.004). Berdasarkan hal tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji keefektifan relatif penggunaan model Project Based Learning berbantuan media powtoon dalam meningkatkan hasil belajar sebesar 14%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasannya terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan media powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso dan persentase keefektifan relatifnya yaitu 14%. |
Description: | validasi_repo_firli_juni_2023_22 Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Juli 2023_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117264 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NEW PPKI UNTUK SIDANG (1).pdf Until 2028-06-21 | 5.22 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools