Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117257
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Suhu, Pemuaian, dan Kalor di SMA
Authors: WIDAYATI, Ulliyah Trisna
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN
PICTURE AND PICTURE
PEMBELAJARAN FISIKA
SUHU
PEMUAIAN
KALOR
Issue Date: 23-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Bagi sebagian besar siswa, mata pelajaran fisika dianggap sebagai materi yang menakutkan karena banyak didominasi oleh perhitungan matematis atau dalam kata lain ialah rumus. Adapun permasalahan ini mendorong peneliti untuk menerapkan model pembelajaran yang berbeda untuk menarik perhatian siswa dalam belajar. Penelitian ini memberikan salah solusi alternatif yakni dengan menerapkan Model Pembelajaran Picture and Picture. Penelitian yang berjenis penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design ini dilaksanakan di SMAN 11 Kota Jambi. Populasi pada penelitian ini ada empat kelas dengan penentuan sampel penelitian menggunakan uji homogenitas oleh SPSS 23. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji t-test Mann Whitney U-Test, karena didapatkan uji normalitas bernilai tidak normal. Berdasarkan hasil dari uji normalitas dengan one sample kolmogorov Smirnov didapatkan hasil 0.000 yang mengindikasikan bahwa 0.000<0.05, artinya ialah hasil post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol bernilai tidak normal. Ketidaknormalan hasil tersebut selanjutnya dilakukan uji komparasi untuk melihat seberapa signifikan perbedaan hasil post-test pada kedua sampel. Hasil yang didapat melalui Mann Whitney U-Test adalah 0.000. Dengan arti 0.000<0.05 yang mengindikasikan adanya perbedaan hasil post-test yang signifikan pada kedua kelas tersebut. Data variabel respon siswa dikumpulkan melalui angket dengan acuan Skala Likert. Adapun hasil yang didapat ialah persentase 85% mengindikasikan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran Picture and Picture termasuk dalam kategori sangat positif. Kesimpulan pada penelitian ini ialah model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Adapun model pembelajaran Picture and Picture ini mendapat respon yang sangat positif dari siswa selaku obyek dalam penelitian ini.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 17 Juli 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117257
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ULLIYAH TRISNA WIDAYATI.pdf
  Until 2028-01-23
1.49 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools