Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117199
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon pada Materi Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Authors: Setiawan, Muhamad Nur
Keywords: Plotagon
Media Pembelajaran
Lectora Inspire
Kemampuan Berpikir kritis
Issue Date: 7-Feb-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan, motivasi dan rangsangan belajar. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu guru dan peserta didik dalam mengefektifkan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah media pembelajaran berbentuk cerita animasi. Selain itu, pengembangan tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan, yaitu kurikulum Merdeka. Kurikulum yang dimaksud memiliki salah satu tujuan pembelajaran salahsatunya adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk cerita animasi berbantuan software Lectora Inspire dan Plotagon pada sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Proses pengembangan media pembelajaran ini menggunkan model 4D milik Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP dipilih dalam penelitian ini karena sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti, yang mana menunjukkan bahwa pada sekolah yang akan digunakan sebagai tempat penelitian memiliki nilai pembelajaran yang masih rendah pada materi tersebut. Sementara itu, pemilihan software Lectora Inspire dan Plotagon didasarkan kepada tersedianya fitur-fitur yang lengkap pada kedua media tersebut serta mampu menunjang pembuatan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi yang dipilih yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel . Beberapa kelebihan yang dimiliki Lectora Inspire diantaranya adalah software yang relatif mudah untuk digunakan karena tidak memerlukan pemahaman bahasa pemrograman yang rumit dan juga adanya fitur publish memudahkan pengguna untuk mempublikasikan media menjadi berbagai output misalnya seperti HTML atau single file executable (exe.). Adapun fitur yang menjadi kelebihan software Plotagon yang tidak dimiliki software pembuat animasi lain adalah kemampuan untuk menambahkan subtitle yang membantu animator untuk menampilkan dialog yang diucapkan oleh karakter, sehingga tidak perlu menambahkan subtitle menggunakan aplikasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Validasi dilakukan oleh validator yang terdiri atas dua dosen pendidikan matematika dan satu guru SMP Negeri 7 Jember. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan. Selanjutnya, dilakukan uji coba untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran. Uji keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media dan uji kepraktisan media berasal angket respon peserta didik tentang media yang digunakan. Hasil pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini, sebagai berikut: 1) Media pembelajran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, ditunjukan dengan nilai validasi pengembangan media pembelajaran sebesar 3,66 atau dapat dikategorikan valid. 2) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan, ditunjukkan dengan dengan nilai presentase respon peserta didik sebesar 92% atau dapat dikategorikan baik. 3) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan, ditunjukkan dengan presentase N-Gain hasil pretest dan posttest sebesar 79% atau dapat kategorikan efektif.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Juli 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117199
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Muhamad Nur Setiawan.pdf
  Until 2028-06-07
2.8 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools