Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117167
Title: Analisis Konsep Keseimbangan pada Bangunan Gudang Atag di Dusun Curah Buntu Kabupaten Jember sebagai Rancangan Buku Ajar Fisika
Authors: VESTNANDA, Alfrida Diftia
Keywords: LOCAL WISDOM
PHYSICS CONCEPT OF BALANCE
RIGID BODIES
THE ATAG WAREHOUSE
Issue Date: 11-Apr-2023
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Bangunan ini masih mempertahankan tampilannya yang masih tradisional di tengah zaman dan teknologi yang semakin berkembang. Kajian struktur bangunan ini termasuk budaya yang berkembang yang harus terus dijaga mengingat berjalannya waktu masyarakat cenderung memilih budaya asing yang dianggap lebih menarik. Memasukkan budaya dalam kegiatan pembelajaran merupakan cara agar budaya yang berkembang di masyarakat sekitar tetap terjaga. Selain itu, mengintegrasikan kearifan lokal dalam materi pembelajaran adalah salah satu upaya dalam mengatasi masalah siswa dalam memahami materi. Fisika dengan materi kesetimbangan dan dinamika rotasi termasuk materi yang dianggap sukar oleh siswa. Padahal, pembelajaran fisika akan lebih bermakna jika dihubungkan dengan aktivitas kehidupan sehari - hari di lingkungan tempat tinggal peserta didik. Penggunaan buku ajar fisika merupakan salah satu solusi dalam mengatasi kesulitan siswa terkait pemahaman konsep fisika yang mampu memberikan manfaat secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji struktur dan konsep keseimbangan pada bangunan gudang atag yang nantinya diintegrasikan dalam rancangan buku ajar. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan analisis konten (content analysis). Penelitian dilakukan di Dusun Curah Buntu, Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi lapangan, studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya akan dianalisis menggunakan teknik analisis konten yang dilakukan dengan enam tahapan prosedur Kripprndorf, yakni unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, dan narrating. Bangunan gudang atag memiliki beberapa bagian yaitu pintu yang terbuat dari bambu, waring dan triber, jendela (tabing lambung) yang terbuat dari yaitu kadhut (karung goni) dan plastik yang diapit oleh bambu, kolom (kamar gudang) dengan jumlah 30 kamar, pondasi yang menggunakan balok berbentuk semen dan atap yang terbuat dari blabat, waring dan juga cecek. Bangunan ini banyak menggunakan bambu jawa dan juga blabat sebagai bahan utamanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep keseimbangan statis dan dinamis pada angunan gudang atag. Konsep momen gaya terdapat pada jendela gudang atag dimana gaya yang bekerja yaitu (F). Konsep kesetimbangan benda tegar dapat ditemukan pada keseluruhan bangunan gudang atag, bambu yang diikat dengan kawat, pintu gudang, pondasi gudang dan semat gudang atag. Gaya – gaya yang bekerja yaitu terdapat gaya luar (F), gaya berat (W), gaya gesek (f) dan gaya normal (N). Titik berat dapat ditemukan pada bagian depan gudang atag yaitu pada bambu penyilang disetiap dua kamar. Momen inersia dapat ditemukan pada bambu yang dipijak, dimana bambu yang kendor akan sedikit berputar ketika dipijak. Konsep fisika yang diperoleh kemudian digunakan sebagai bahan pembelajaran berupa rancangan buku ajar. Rancangan buku ajar ini berisi bagian sampul, bagian pendahuluan, dan bagian akhir buku yaitu penutup. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu struktur bangunan gudang atag terdiri dari pintu, jendela, kamar, pondasi dan atap. Konsep keseimbangan pada bangunan gudang atag yaitu terdiri dari keseimbangan statis dan dinamis. Hasil analisis konsep keseimbangan ini, diintegrasikan dalam bentuk rancangan buku ajar
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 11 Juli 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117167
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AlfridaDV_Repo.pdf
  Until 2028-07-11
1.9 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools