Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117165
Title: Tinjauan Geografi Pariwisata Terhadap Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Pantai di Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi
Authors: ANGGARA, Bayu Putra
Keywords: PENGEMBANGAN WISATA
PANTAI GRAJAGAN
OBJEK WISATA
TINJAUAN GEOGRAFI PARIWISATA
Issue Date: 23-Feb-2023
Publisher: fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Abstract: Pariwisata juga merupakan suatu aktivitas manusia yang memiliki dimensi yang sangat luas, tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan bersenang-senang dan menikmati perjalanan, namun juga sebagai aktivitas yang menimbulkan kegiatan ekonomi, seni, dan budaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tinjauan geografi pariwisata terhadap potensi dan strategi pengembangan wisata di Pantai Grajagan Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukan; 1) faktor lokasi terletak diantara 70° 43’ – 80° 46’ Lintang Selatan dan 113° 53’ - 114° 38’ Bujur Timur, 2) faktor morfologi daerahnya Sebagian datar dan Sebagian lagi berkontur, 3) faktor flora dan fauna banyak ditumbuhi pohon pandan pantai, pohon kelapa, pohon Ketapang dan sawo kecik, pohon jati, walikukun, bamboo dan sawo kecik, hewan yang sering dijumpai yaitu, kera abu-abu, kera hitam, kijang, babi hutan, merak, ayamhutan, 4) faktor iklim kawasan ini berlaku dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan, 5) faktor geologi daerah ini berupa lapisan endapan alluvial muda yang mirip dengan lempung tanah merah dan terdapat banyak batu padas putih, 6) faktor daya tarik mendapat skor 3 antara lain kebersihan pantai, merasa aman saat bermain di pantai, pantai Grajagan menarik untuk dikunjungi, 7) faktor sarana prasarana seperti lahan parkir, toilet, tempat ibadah, papan penunjuk jalur evakuasi, penginapan, dan restaurant/warung makan mendapat skor 3, 8) faktor aksessibilitas transportasi yang mendapatkan skor 3 antara lain yaitu, terdapat rambu di sepanjang jalan, terdapat papan penunjuk jalan menuju tempat wisata, tidak kesulitan mendapatkan sinyal, 9) hasil dari analisis SWOT didapat strategi antara lain menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, menambah anggaran pariwisata dalam rangka membangun atraksi wisata dan fasilitas penunjang wisata, memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi wisata, bekerjasama dengan masyarakat dalam upaya pengembangan kawasan wisata
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 11 Juli 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117165
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAYU PUTRA ANGGARA.pdf
  Until 2028-02-23
3.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools