Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117154
Title: Hubungan Pemberian Stimulasi oleh Ibu dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Pundungsari
Authors: YULITANINGTYAS, Ika
WAHYUNINGSIH, Sri
WIDAYATI, Agustina
Keywords: Stimulasi
Perkembangan Bahasa
anak
Issue Date: Mar-2023
Publisher: Medical Journal of Al-Qodiri Jurnal Keperawatan dan Kebidanan
Abstract: Pendahuluan: Salah satu aspek dari indikator perkembangan anak yang perlu mendapatkan perhatian yaitu perkembangan bahasa anak. pendidik dan orangtua perlu meberikan perhatian lebih terhadap tahap perkembangan bahasa anak. Masalah perkembangan perlu perhatian khusus yaitu perkembangan bahsa semakin yahun mengalmi peningkatan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan pemberian stimulasi oleh ibu dengan perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di desa Pundungsari. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Observasional analitik merupakan jenis penelitian yang digunakan, serta desain penelitian menggunakan cross sectional. Penelitian telah dilakukan di Desa Pundungsari pada bulan Agustus tahun 2022. Jumlah populasi sebanyak 46 anak, dengan jumalh sampel sebanyak 46 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan korelasi pearson. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan distribusi pemberian stimulasi oleh ibu pada anak usia 3-4 tahun sebagian besar tidak optimal sebanyak 20 orang (43,5%). Distribusi perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun sebagian besar suspek sebanyak 26 anak (56,5%). Hasil analisis menggunakan uji korelasi person menunjukkan nilai p-value 0,007, artinya p-value<α=0,05, yang berarti signifikan. Kesimpulan: ada hubungan pemberian stimulasi oleh ibu dengan perkembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di desa Pundungsari.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117154
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.