Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117150
Title: | Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Geometri Berdasar Teori VAN HIELE pada Materi Bangun Datar Kelas IV |
Authors: | NABILA, Nilam Ainun |
Keywords: | GEOMETRI TEORI VAN HIELLE PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES |
Issue Date: | 16-Jan-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Salah satu materi yang harus dikuasai peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar adalah bangun datar. Materi bangun datar terdiri dari bangun segitiga, segiempat, segi banyak, dan geometric terms. Pembelajaran matematika pada materi bangun datar dianggap sulit, karena materi ini menuntut peserta didik untuk menggambar memahami bentuk, bangun, dan bagian-bagiannya. Kesulitan peserta didik pada materi terkait visualisasi bangun sejalan dengan teori Van Hiele yang terfokus pada visualisasi bangun, sifat bangun, hubungan antar bangun, dan membuktikannya. Tes merupakan cara untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam suatu materi. Berdasarkan wawancara, penelitian ini difokuskan pada pembuatan soal tes guna mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami bangun dan keterhubungan bangun. Tes terdiri dari 5 seri yang setiap serinya memiliki 25 butir soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (a) bagaimanakah hasil pengembangan instrumen tes kemampuan geometri berdasar teori Van Hiele pada materi bangun datar Kelas IV?, dan (b) bagaimanakah efektivitas hasil pengembangan instrumen tes kemampuan geometri berdasar teori Van Hiele pada materi bangun datar Kelas IV? Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D. Data dan sumber data yang digunakan untuk mengembangkan soal terkait materi bangun datar adalah hasil belajar peserta didik sebagai acuan dalam menganalisis kesulitan peserta didik dalam mempelajari materi bangun datar, buku guru kurikulum 2013 Kelas I sampai Kelas IV, buku peserta didik kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas I hingga Kelas IV sebagai acuan batasan materi, dan hasil TIMSS 2015 (Publikasi 2016) sebagai acuan dalam menentukan kemampuan geometri peserta didik Indonesia secara keseluruhan. Pengembangan instrumen tes ini dilakukan dengan cara analisis butir soal secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif dilakukan dengan meminta masukan dan saran dari 2 ahli untuk menilai dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif dilakukan dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Soal tes yang telah dinyatakan layak diujikan sebanyak 25 soal setiap serinya dilakukan analisis secara kuantitatif. Hasil uji coba terbatas pertama diketahui tidak ada satupun soal yang valid dari kelima seri, pada uji coba terbatas pertama soal dinyatakan reliabel, rata-rata tiap seri memiliki 15 soal dengan tingkat kesukaran sedang, dan rata-rata tiap seri memiliki 15 soal dengan kategori daya pembeda baik. Hasil uji coba terbatas kedua diketahui 25 soal dikategorikan valid dari kelima seri, soal dinyatakan reliabel, rata-rata tiap seri memiliki 20 soal dengan tingkat kesukaran sedang, dan rata-rata tiap seri memiliki 25 soal dengan kategori daya pembeda baik. Hasil uji coba luas diketahui 25 soal dikategorikan valid dari kelima seri, soal dinyatakan reliabel, rata-rata tiap seri memiliki 16 soal dengan tingkat kesukaran sedang, dan rata-rata tiap seri memiliki 25 soal dengan kategori daya pembeda baik. Uji efektivitas instrumen tes dilakukan pada dua sekolah berbeda dengan persentase peserta didik tuntas di atas 70%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan yaitu: (a) bagi guru, dapat dijadikan acuan dalam mengetahui kemampuan geometri peserta didik dan menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan serta mengetahui kesulitan peserta didik, (b) bagi peserta didik, dapat menjadi latihan soal yang dapat meningkatkan kemampuan serta mengetahui kemampuan diri khususnya dalam materi geometri, (c) bagi peneliti, dapat menjadi suatu pelajaran dan bekal untuk mengajar nantinya, dan (d) Bagi peneliti lain, dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian yang sejalan maupun penelitian lain. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik Tgl 5 Juli 2023 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117150 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc (1) (2).pdf Until 2028-03-16 | 1.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools