Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117094
Title: Pengembangan Soal Numerasi Konten Aljabar untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII
Authors: HARVANI, Indah Dwi
Keywords: soal numerasi
kemampuan berpikir tingkat tinggi
pemodelan rasch
Issue Date: 13-Apr-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Hasil studi PISA tahun 2018 menyatakan bahwa kemampuan literasi numerasi mayoritas siswa di Indonesia relatif rendah. Dalam rangka perbaikan mutu pendidikan di Indonesia pemerintah melakukan perubahan pada proses evaluasi dengan mengganti UN menjadi AKM. Proses pembaruan ini ditujukan guna membiasakan siswa berpikir kritis yang merupakan salah satu dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. Maka dari itu, soal numerasi AKM harus merupakan soal berpikir tingkat tinggi. Namun sebagian besar instrumen penilaian yang dikembangkan oleh guru SMP di Indonesia tidak melibatkan proses berpikir dan bernalar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi sehingga terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil dari pengembangan soal numerasi untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil analisis dengan pemodelan Rasch menyatakan bahwa 10 soal yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan Outfit MNSQ, Outfit ZSTD, dan Pt. Mean Corr sehingga tidak ada soal yang perlu dirubah. Nilai item reliability sebesar 0,82 bermakna bahwa hasil dari pengembangan soal berada di kategori bagus dan dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan baik. Berdasarkan analisis kemampuan subjek penelitian yang terdiri dari 28 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jember, sebanyak 39% siswa termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi level rendah sedangkan 61% lainnya termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi level tinggi. Hasil pengembangan soal numerasi konten aljabar untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi ini dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117094
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI INDAH DWI HARVANI.pdf
  Until 2028-05-31
974.55 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools