Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117061
Title: Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Menggunakan Metode Studi Kasus untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi (pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Tanggul Kabupaten Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2008-2009)
Authors: NURWULANDINI, Lidia Rini
Keywords: CTL (Contextual Teaching and Learning)
MENINGKATKAN MOTIVASI
PELAJARAN EKONOMI
Issue Date: 29-Jun-2009
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kekuatan mental yang berupa keinginan, perhatian, kemauan atau cita-cita itu disebut motivasi belajar. Motivasi belajar yang rendah sering menimbulkan masalah rendahnya hasil belajar siswa yang rendah pula. Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa diduga disebabkan karena penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat. Metode mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki peserta didik, akan ditentukan oleh kerelevansian penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan. Pada kenyataannya tidaklah mudah memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tujuan. Pendekatan kontekstual adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pentingnya lingkungan alamiah itu di ciptakan dalam proses belajar agar kelas lebih hidup dan lebih bermakna karena siswa mengalami sendiri apa yang dipelajarinya. Dalam pendekatan kontekstual ini proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman secara langsung, mendorong siswa untuk dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata Sedangkan metode pembelajaran studi kasus adalah cara menyajikan pelajaran dengan memanfaatkan kasus yang ditemui anak, digunakan sebagai bahan pelajaran kemudian kasus tersebut dibahas bersama untuk mendapatkan penyelesaian atau jalan keluar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan diterapkannya pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan dalam penelitian ini peneliti dibantu oleh 2 orang observer. Pada siklus I dan II dilakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran studi kasus pada proses pembelajaran. Hal-hal yang dilakukan pada siklus I dan siklus II adalah (1) perencanaan tindakan, (2) penerapan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan pada setiap akhir pertemuan siklus dilakukan penilaian hasil belajar siswa. Hal-hal yang diobservasi pada penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkannya pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari skor rata-rata 2,2 dengan kriteria rendah sebelum tindakan menjadi 2,9 dengan kriteria sedang pada siklus I dan meningkat menjadi 3,4 dengan kriteria tinggi pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Ketika sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong rendah, dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 24%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 73%dan pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 86,4%.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 25 Juni 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117061
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lidia Rini Nurwulandari_040210301168.pdf
  Until 2028-06-25
3.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools