Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117008
Title: | Efektivitas Kegiatan Collaboration Art Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok A di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember |
Authors: | RAHMA, Nabilla Aulia |
Keywords: | Interaksi sosial Kolaborasi seni TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember |
Issue Date: | 9-Jun-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Interaksi sosial perlu untuk dikembangkan sejak dini agar anak- anak dapat mempelajari cara menyesuaikan diri terhadap tradisi dalam satu kelompok masyarakat, nilai moral serta norma yang ada dalam masyarakat untuk dapat saling berkomunikasi dan tolong menolong satu sama lain. Kolaborasi seni adalah kegiatan yang melibatkan anak-anak untuk dapat bergiliran, berbagi, mengikuti aturan, bernegosiasi, dan berkompromi dalam membuat sebuah karya seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas kegiatan kolaborasi seni terhadap kemampuan interaksi sosial anak kelompok A di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pola non equivalen control group. Hasil penelitian menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 dimana lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan kolaborasi seni efektif terhadap kemampuan interaksi sosial anak kelompok A di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember tahun ajaran 2022/2023. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 Juni 2023_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117008 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
NABILLA AULIA RAHMA_190210205105.pdf Until 2028-06-09 | 2.91 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools