Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116923
Title: | Penerapan Model Improve Berbantuan Cd Pembelajaran pada Topik Segitiga untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas Viia Semester Genap Smpn 11 Jember Tahun Ajaran 2008/2009 |
Authors: | DIANA, Nur |
Keywords: | MODEL IMPROVE |
Issue Date: | 14-Feb-2010 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pembelajaran dengan model IMPROVE merupakan pembelajaran yang didalamnya berisi komponen yaitu Introducing new concept (memperkenalkan konsep baru), Metacognition questioning (pemberian pertanyaan yang metakognisi), Practicing (latihan), Reviewing and reducing difficulty (tinjauan ulang dan mengurangi kesulitan), Obtaining mastery (perolehan pengetahuan), Verification (verifikasi), Enrichment (pengayaan). Pembelajaran ini dilaksanakan di SMPN 11 Jember karena di tempat ini belum pernah melakukan penelitian yang sama, dan tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan model IMPROVE berbantuan CD pembelajaran sebagai media pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengkaji penerapan model IMPROVE berbantuan CD pembelajaran pada topik segitiga untuk meningkatkan hasil belajar; 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model IMPROVE berbantuan CD pembelajaran pada topik segitiga; 3) Mengkaji aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran dengan penerapan model IMPROVE berbantuan CD pembelajaran pada topik segitiga untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIIA semester genap SMPN 11 Jember tahun ajaran 2008/2009. Subjek penelitian adalah siswa kelas VILA. SMPN 11 JEMBER. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, hasil wawancara dan hasil tes. Media pembelajaran yang digunakan adalah Animasi Pendidikan Indonesia Matematika SMP Kelas VII CD 3 Anivisi Edutama. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan 5 kali pertemuan. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116923 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nur Diana_040210101033.pdf | 2.2 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools