Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116639
Title: | Tindak Tutur Ekspresif Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Jember |
Authors: | PRiNDATAMA, Ratu Salsabila Wiaam |
Keywords: | Tindak Tutur Ekspresif Siswa SMA Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Issue Date: | 18-Feb-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Ketika mitra dan pembicara bertemu untuk mengungkapkan maksud dan tujuan percakapan, tuturan pun terjadi. Tindak tutur tidak lepas dari kegiatan berbicara yang merupakan suatu keterampilan dalam menyampaikan pesan melalui bahasa lisan yang disampaikan oleh kepada orang lain. Melalui tuturan, manusia dapat mengungkapkan apapun yang diinginkan melalui bahasa. Bahasa digunakan dalam berbagai kegiatan contohnya dalam dunia pendidikan terutama saat di sekolah, banyak sekali tindak tutur yang terjadi. Berdasarkan paparan tersebut, didapatkan 3 rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X di SMAN 2 Jember, (2) Bagaimanakah fungsi tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X di SMAN 2 Jember dan (3) Bagaimanakah modus tindak tutur ekpresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X di SMAN 2 Jember. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif siswa kelas X dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Jember, (2) Mendeskripsikan fungsi tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Jember dan (3) Mendeskripsikan modus tindak tutur ekpresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Rancangan penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMAN 2 Jember, diperoleh bentuk tindak tutur ekspresif pada siswa kelas X sebagai berikut: (1) bentuk berterima kasih, (2) bentuk memuji, (3) bentuk meminta maaf , lalu hasil penelitian dalam fungsi tindak tutur ekspresif didapatkan sebagai berikut: (1) fungsi mengucapkan terima kasih, (2) fungsi memuji, (3) fungsi mengkritik, (4) fungsi mengeluh. Sedangkan hasil penelitian yang menunjukkan mengenai modus tindak tutur ekspresif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X di SMAN 2 Jember di peroleh hasil sebagai berikut: (1) modus deklaratif, (2) modus optatif, (3) modus imperatif, (4) modus interogratif dan (5) modus obligatif. Pertama, penelitian ini nantinya dapat dimanfaatkan guru sebagai salah satu manfaat untuk mengetahui bentuk, fungsi dan modus dari tuturan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Kedua, penelitian ini dapat bermanfaat sebagai referensi peneliti selanjutnya agar dapat menjadikan rujukan, sumber informasi dan bahan referensi pada penelitian serta menjadikan motivasi bagi peneliti selanjtunya agar dikembangkan menjadi penelitian yang sempurna. Ketiga, manfaat bagi sekolah yaitu memberikan kontribusi dalam upaya pembentukan kepribadian peserta didik sesuai dengan standar kesantunan dan kesopanan, sehingga kualitas pembelajaran menjadi optimal dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas peserta menjadi lebih baik kedepannya. |
Description: | Finalisasi repositori 07 Juni 2023_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116639 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RATU SALSABILA_190210402100_doc.pdf Until 2028-05-09 | 2.43 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools