Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116616
Title: Perbedaan Sikap Mahasiswa dalam Merawat Pasien Menjelang Ajal di Institusi Keperawatan Umum dan Berciri Agama
Authors: A’LA, Muhamad Zulfatul
SISWOYO, Siswoyo
MAGHFIROH, Rahmawati L.
Keywords: Kurikulum
Mahasiswa
Sikap
Perawatan Paliatif
Issue Date: May-2023
Publisher: Jurnal Ilmiah Ners Indonesia
Abstract: Sikap mahasiswa dalam perawatan menjelang ajal merupakan hal yang esensial dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan menjelang ajal. Idealnya, fleksibel dalam hubungan interpersonal, adanya keinginan untuk menjalin komunikasi terbuka, pemikiran psikologis yang berkaitan dengan pasien dan keluarga, dan menganggap merawat pasien menjelang ajal merupakan hal yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap mahasiswa dalam merawat pasien menjelang ajal di institusi pendidikan dengan kurikulum keperawatan umum dan kurikulum keperawatan berciri agama di wilayah Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif komparatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Frommelt Attitudes towards the Care of the Dying Care Form B of Indonesian version (FATCOD-B-I) dengan 102 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap mahasiswa dari institusi pendidikan dengan kurikulum keperawatan umum (104,18±7,557) dan mahasiswa dari institusi pendidikan dengan kurikulum keperawatan berciri agama (99,82±8,532) dalam merawat pasien menjelang ajal dengan P=0.008. Faktor – faktor yang dapat mempengaruhi yaitu level akademik, pengalaman dalam merawat pasien menjelang ajal, pelatihan perawatan pasien menjelang ajal. Penelitian menyarankan untuk meneliti faktor lain terkait faktor usia dan budaya yang dapat mempengaruhi sikap mahasiswa dalam merawat pasien menjelang ajal.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116616
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.