Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116404
Title: Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Sway pada Materi Termodinamika terhadap Hasil Belajar Siswa SMA
Authors: PUTRI, Deby Amelia
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif
Termodinamika
Microsoft Sway
Issue Date: 5-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kegiatan pembelajaran kembali diadakan dengan tatap muka setelah 2 tahun pembelajaran dilakukan secara online karena adanya pandemi. Kembalinya sistem pembelajaran secara tatap muka pasca pandemi bukan berarti kembali seperti dulu yang mana pendidik dan peserta didik kurang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran pada abad 21 menekankan pada pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan sehingga peserta didik dan pendidik dituntut untuk memiliki pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi. Media pembelajaran interaktif fisika dapat menggambarkan berbagai konsep abstrak fisika serta konsep-konsep fisika yang sulit dipahami peserta didik dengan berbagai multimedia yang dapat dimasukkan pada media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway pada materi termodinamika terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway pada materi termodinamika dalam pembelajaran fisika SMA. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True-Eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Posttest- only control group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA dengan penentuan sampel dengan Random Sampling menggunakan uji homogenitas terhadap populasi. Hasil penentuan sampling didapatkan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar didapatkan dari hasil Posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan data respon siswa didapatkan dari penyebaran angket menggunakan Google Form. Data hasil belajar diolah menggunakan Uji Mann Whitney U-Test berbantuan SPSS 23. Uji Mann Whitney U-Test dilakukan karena hasil uji normalitas yang dilakukan pada data hasil belajar fisika siswa tidak normal sehingga tidak dapat dilakukan uji parametrik. Data respon diolah menggunakan Microsoft Excel dan kemudian dideskripsikan sesuai dengan hasil analisis. Hasil Posttest pada kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 60,61 dan pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 83,33. Nilai hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Hal tersebut dikarenakan perlakuan yang berbeda yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway dalam pembelajarannya. Sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway dalam pembelajarannya. Hasil analisis data hasil belajar menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang berarti nilai Sig.< 0,05, nilai tersebut menyatakan bahwa Ho ditolak sehingga Ha diterima. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik di kelas kontrol dan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen. Hasil data respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway diperoleh dari penyebaran angket respon yang berisi 14 pernyataan positif dan negatif. Hasil analisis data respon siswa menggunakan Microsoft Excel didapatkan hasil persentase rata-rata skor sebesar 85,4%. Hasil persentase tersebut termasuk pada kategori sangat positif. Kesimpulan dari hasil analisis respon siswa yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway pada pembelajaran fisika mendapatkan respon yang sangat positif dari siswa. Kesimpulan dapat diambil dari hasil analisis data yang sesuai dengan rumusan masalah pada penelitian ini. Kesimpulan dari hasil analisis data hasil belajar fisika siswa yaitu ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Hasil analisis respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Microsoft Sway pada pembelajaran fisika mendapatkan respon yang sangat positif.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116404
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-03-16
4.17 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools