Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116298
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Kecepatan Jarak dan Waktu pada Siswa Kelas V Di SDN Dabasah 1 Bondowoso
Authors: KURNIAWAN, Andi
Keywords: Literasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah
Issue Date: 12-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Orientasi pendidikan siswa dapat memperoleh empat keterampilan yang dibutuhkan seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Siswa membutuhkan keterampilan literasi matematis untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Literasi matematis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi matematis ditinjau dari materi kecepatan, jarak dan waktu pada siswa kelas V SDN Dabasah 1 Bondowoso. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Non-Ekuivalen Control Grup dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan uji validasi instrumen, uji normalitas, uji-t, dan uji keefektifan relatif. Nilai rata-rata tes literasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 19,43 dan kelas kontrol adalah 9,71. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,595 > 2,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan Literasi Matematis pada materi kecepatan, jarak, dan waktu pada siswa kelas V SDN Dabasah 1 Bondowoso.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116298
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANDI KURNIAWAN_180210204177.pdf
  Until 2028-04-16
3.17 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools