Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116277
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | FUADINA, Zakiya Nur | - |
dc.contributor.author | SUPENO, Supeno | - |
dc.contributor.author | AHMAD, Nur | - |
dc.contributor.author | SUGIHARTOKO, Sugihartoko | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-19T09:15:10Z | - |
dc.date.available | 2023-05-19T09:15:10Z | - |
dc.date.issued | 2022-12-30 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116277 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji adanya pengaruh yang signifikan dan peningkatan kemampuan literasi sains siswa dalam penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbantuan diagram berpikir multidimensi pada pembelajaran IPA di SMP dengan topik materi gelombang. Kegiatan penelitian tergolong penelitian kuantitatif menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengetahui tingkat kemampuan awal literasi sains siswa dan tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Data dianalisis menggunakan uji statistik berupa uji normalitas dan uji N-Gain. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan data penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Statistics 25. Analisis data diperoleh bahwa kedua data berdistribusi normal, sehingga dapat dilanjutkan uji Independent Sample T-test dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,050 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari selisih nilai pre-test dan post-test kemampuan literasi sains siswa. Kemudian uji T pihak kanan didapatkan hasil T-hitung (3,734) > T-tabel (1,669) yang berarti nilai kemampuan literasi sains siswa di kelas eksperimen lebih baik dari pada di kelas kontrol. Data nilai pre-test dan post-test juga dianalisis menggunakan N-Gain Score dan didapatkan nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa tergolong kategori sedang. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Jurnal Pendidikan Fisika | en_US |
dc.subject | Inkuiri Terbimbing | en_US |
dc.subject | Diagram Berpikir Multidimensi | en_US |
dc.subject | Literasi Sains | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Berpikir Multidimensi dalam Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains Siswa di SMP | en_US |
dc.type | Article | en_US |
dc.identifier.prodi | Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
37 - 2022 Optika - PAK.pdf | 2.22 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.