Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116253
Title: | Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA |
Authors: | OCTAVIANA, Ferina WAHYUNI, Diah SUPENO, Supeno |
Keywords: | E-LKPD KETERAMPILAN KOLABORASI |
Issue Date: | 1-Dec-2022 |
Publisher: | Edukatif Jurnal Imu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini dilandaskan atas adanya permasalahan yang berupa masih rendahnya keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan memanfaatkan bahan ajar interaktif yang bisa digunakan dengan mudah. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan produk berupa E-LKPD yang dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah educational design research dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Hasil skor validasi E-LKPD diperoleh sebesar 87,50% yang berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan E-LKPD memperoleh skor rerata kepraktisan sebesar 3,6 yang berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan E-LKPD berada pada kategori cukup efektif dengan memperoleh skor n-gain sebesar 0,19 pada siklus I dan 0,41 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD telah dinyatakan sangat valid, sangat praktis, serta cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran IPA. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116253 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
21 - 2022 Jurnal Edukatif - PAK.pdf | 2.5 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.