Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116248
Title: Pengaruh Media Aplikasi Berbasis Android terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
Authors: ISTIGHFARINI, Mela Dwi
SUPENO, Supeno
RIDLO, Zainur Rasyid
Keywords: LITERASI SAINS
HASIL BELAJAR
MEDIA APLIKASI
Issue Date: 7-May-2022
Publisher: Jurnal Pendidikan IPA
Abstract: Dunia pendidikan terus mengalamiperkembangan pesat di bidang sains dan teknologi yang dikenal sebagaiera abad 21. Untuk menunjang tantangan tersebut, maka pembelajaran di sekolah perluterintergrasi dengan keterampilan literasi sains. Salah satu caranya melalui penggunaan media aplikasi berbasis android, yang pada penelitian ini dibuat dengan memanfaatkan Microsoft Power Pointdan Website 2 Apk Builder. Tujuan penelitian yaitumengkaji pengaruh penggunaan media aplikasi berbasis android terhadap literasi dan hasil belajar IPA siswa SMP.Jumlah sampel sebanyak 64 siswa kelas VIISMP, dengan teknik Purposive Sampling Area, penggunaanyadidasarkan pada kebutuhanpenelitian. Adapun materi yang digunakan yaitu KD. 3.6 organisasi kehidupan kelas VIIyang dilaksanakan pada tanggal 3 –24 Februari 2021.Jenis dan desain penelitian yaituquasi eksperimen, posttest only control group design. Teknik dan instrumen pengumpulan data utama yaitu menggunakan tes tulis. Teknikanalisis data menggunakan SPSS Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov, Uji hipotesis independent sample t-test. Hasil analisis keduanya yaitu nilai Sig.(2-tailed)0,002 < 0,05 yang dapat diambil kesimpulan bahwa media aplikasi berbasis android berpengaruh signifikan terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa.Hal tersebut menujukkan bahwa penggunaan media aplikasi yang memanfaatkan Microsoft PowerPointdan Website 2 Apk Builderdapat digunakan sebagai alternatif media dalampembeajaran IPA
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116248
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16 - 2022 Jurnal Lensa - PAK.pdf910.39 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.