Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116244
Title: Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains
Authors: SUPENO, Supeno
FITRIANI, Dewi Kurnia
WAHYUNI, Diah
RAHAYUNINGSIH, Rahayuningsih
Keywords: Articulate storyline
sistem tata surya
literasi sains
Issue Date: 30-Dec-2022
Publisher: Jurnal Eduscience
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi sistem tata surya serta mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas untuk meningkatkan literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi pengembangan 4-D. Tahapan dalam 4-D, antara lain: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Tahap define ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan sehingga tahap ini dikenal dengan analisis kebutuhan. Tahap design dilakukan setelah mengetahui permasalahan yang berdasarkan analisis define kemudian peneliti mendesain peralatan yang digunakan seperti melakukan penyusunan tes mengacu pada analisis siswa yang kemudian disesuaikan dengan tingkat kemampuan kognitif siswa dan tujuan. Tahap develop terdiri dari dua tahap yaitu tahap validasi media dan tahap uji coba media interaktif yang dikembangkan. Validitas media memperoleh persentase sebesar 86% kriteria sangat valid. Kepraktisan dilakukan dengan menggunakan lembar keterlaksanaan dan memperoleh 100% kriteria sangat praktis. Efektivitas dilakukan dengan memberikan tes essay yang mengacu pada indikator literasi sains diujikan menggunakan N-Gain. Efektivitas media interaktif menggunakan N-Gain sebesar 0,57 dengan kriteria sedang
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116244
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
12 - 2022 Eduscience - PAK.pdf2.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.