Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116236
Title: Kajian Kinematika Gerak Pada Gerak Kendaraan Bermotor Di Jalan Kabupaten Ngawi Sebagai Sumber Belajar Fisika
Authors: RUSPITASARI, Heni
SUPENO, Supeno
YUSHARDI, Yushardi
Keywords: kinematika
gerak kendaraan
sumber belajar
Issue Date: 30-Dec-2022
Publisher: ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika
Abstract: Penelitian ini membahas tentang fenomena gerak kendaraan bermotor di jalan Kabupaten Ngawi yang dapat dioptimalkan menjadi sumber belajar fisika SMA. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji karakteristik besaran dinamis dan karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan Kabupaten Ngawi serta pemanfaatannya sebagai desain sumber belajar fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengukur kecepatan, jarak tempuh dan waktu tempuh kendaraan sepeda motor saat melintasi jalan menurun. Selanjutnya dilakukan interpretasi data dalam bentuk grafik. Hasil kajian karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan Kabupaten Ngawi menunjukkan bahwa karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan menurun di kabupaten ngawi adalah jenis gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dipercepat, sedangkan karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan mendatar setelah melintasi lintasan menurun adalah jenis gerak lurus berubah beraturan (GLBB) diperlambat. Hasil kajian kinematika digunakan sebagai data utama rancangan sumber belajar yang berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Kegiatan pembelajaran dalam desain LKPD ini mampu melatih keterampilan observasi, pengelompokan, penggunaan angka atau bilangan (berhitung), prediksi, eksperimen, dan keterampilan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116236
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
5 - 2022 Orbita - PAK.pdf1.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.