Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116085
Title: Pengaruh Keikutsertaan Pembelajaran Daring terhdap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhan
Authors: ARISMAWATI, Ana
Keywords: PEMBELAJARAN DARING
PERKEMBANGAN KOGNITIF
ANAK USIA 5-6 TAHUN
Issue Date: 5-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Perkembangan kognitif anak usia dini merupakan kemampuan cara berfikir anak usia dini dalam memahami lingkungan sekitar sehingga pengetahuan yang ada di sekitarnya membuat mereka dapat memperoleh berbagai pengetahuan tentang dirinya sendiri, orang lain, hewan dan tumbuhan, serta berbagai benda. Artinya dengan kemampuan berfikir ini anak dapat mengeksplorasikan memahami lingkungan sekitar sehingga pengetahuan anak bertambah. Bagi anak usia dini, proses pembelajaran yang ada di Taman Kanak-kanak padaumumnya dilakukan pertemuan secara langsung (Dewi, et al., 2021). Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya di bidang pendidikan. Hal ini menuntut seluruh elemen pendidikan untuk beradaptasi dan melanjutkan pembelajaran yang telah tertinggal akibat pandemi ini. Dari observasi awal yang dilaksanakan peneliti pada awal semester ganjil tahun 2021 di TK Muslimat NU 51 Tamansari terdapat beberapa anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kognitif terutama dibidang berfikir simbolik anak. Hasil wawancara yang dilakukan di TK Muslimat NU 51 Tamansari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember diketahui bahwa pandemi covid-19 juga berdampak pada sistem pembelajaran di TK Muslimat NU 51 Tamansari. Anak-anak TK belajar dari rumah dengan sistem online yaitu melalui whatsapp group. Oleh karena itu penneliti ingin menguji sejauh mana pengaruh keikutsertaan pembelajaran daring pada perkembangan kognitif anak dengan judul “Pengaruh Keikutsertaan Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhan”Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto. Pengambilan data dilakukan pada semester genap 2021/2022 menggunakan metode angket dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah seluruh wali murid anak yang usia 5-6 tahun di lembaga TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhan yang berjumlah 25 orang. Analisis data ini menggunakan program SPSS 16 dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 cara yaitu membandingkan jika nilai x2 hitung ≤ x2 tabel maka H0 diterima dan jika x2 hitung > x2 tabel maka H0 ditolak. Dan jika sig. ≥ 0,05 maka H0 diterima dan jika sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil pengambilan data dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh keikutsertaan pembelajaran daring terhadap perkembangan kognitif anak usia 5- 6 tahun di TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data uji chi-square, diperoleh nilai output SPSS chi-square di atas, diketahui perolehan nilai signifikan 0,075 ≥ 0,05 maka H0 diterima. maka dapat disimpulkan H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian maka dapat diartikan tidak terdapat pengaruh keikutsertaan pembelajaran daring terhadap perkembangan kognitif anak di TK Muslimat NU 51 Tamansari kecamatan Wuluhan kabupaten Jember tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini disebabkan dari beberapa hal diantaranya yaitu pembelajaran yang hanya menggunakan whatsaap group dalam menyampaikan penugasan kepada hanya melalui voice note dan pesan teks saja tanpa adanya penjelasan dari LKA tersebut, kurangnya peran orangtua dalam menjadai fasilitator, komunikator, pengganti guru dirumah, orangtua tidak peduli / tidak menyampaikan tugas kepada anankya dengan baik dan benar serta acuh terhadap tugas yang diberikan guru, orangtua tidak telaten mendampingi anak dalam belajar sehingga orangtua yang menyelesaikan tugas anak, beberapa orangtua memiliki keterbatasan tentang fasiltas teknologi seperti tidak mempunyai handphone dan beberapa orangtua terkendala kuota/ signal sehingga mempersulit anak untuk menerima informasi. Adapun kelemahan dari hasil penelitian ini dengan data yang diperoleh yaitu: 1) yang mengisi angket kebanyakan adalah pengasuh pendampingnya, 2) orang tua yang mengisi angket tidak mengisi secara sesungguhnya
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 Mei 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116085
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ana Arismawati-180210205058-PG Paud.pdf
  Until 2028-01-05
1.53 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools