Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116081
Title: Literasi Kesehatan Fisik Melalui Pembelajaran Area
Authors: PUTRA, Firdaus Ferdhiansyah
INDRIANTI, Deditiani Tri
ALKORNIA, Sylva
FAJARWATI, Linda
Keywords: Literasi
Kesehatan Fisik
Model Pembelajaran Area
Issue Date: Sep-2022
Publisher: Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Abstract: Literasi kesehatan fisik adalah pengetahuan yang mengenai kesehatan secara fisik. Literasi kesehatan sangatlah perlu dilakukan di masa new normal ini. Selain mengenai literasi kesehatan adapun juga mengenai peran nutrisi dan gizi. Mengingat anak usia dini mudah terkena penyakit jika imun di tubuh kita menurun. Namun, para orang tua disini masih saja kurang memperhatikan tentang kesehatan anak. Tujuan penelitian ini yakni mengedukasi orang tua dan anak melalui model pembelajaran area yang mencakup bermain peran dan juga perkembangan kognitif di SPS Bina Sejahtera Kota Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan teknik purposive area dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu kepala sekolah dan pendidik, dan informan pendukung yakni para orang tua. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi sumber, teknik dan waktu) dan perpanjangan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data setelah itu penyajian dan verifikasi data, adapun hasil dari penelitian ini yaitu para orang tua dan anak usia dini dapat menangkap penjelasan literasi kesehatan yang melalui model pembelajaran area yang mencakup bermain peran dan kognitif.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116081
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_Literasi Kesehatan Fisik Melalui Pembelajaran Area.pdf3.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.