Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116005
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | WAHYUNI, Sri | - |
dc.date.accessioned | 2023-05-10T02:35:23Z | - |
dc.date.available | 2023-05-10T02:35:23Z | - |
dc.date.issued | 2015-10-01 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116005 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengembangkan petunjuk praktikum IPA yang valid dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Indikator kemampuan berpikir kritis siswa mencakup interprestasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan metode Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Validasi ahli dilakukan dengan uji expert terkait dengan format, isi/materi, dan bahasa, sedangkan uji coba produk diberikan kepada 35 siswa di salah satu SMP di Jember. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, lembar validasi, lembar observasi, pretest dan posttest. Hasil tes maupun praktikum menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata rata Ngain 0,5 dengan interpretasi sedang. Pengembangan petunjuk praktikum IPA yang dikembangkan dalam kategori layak sehingga cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritissiswa | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Jurnal Pengajaran MIPA | en_US |
dc.subject | PETUNJUK PRAKTIKUM | en_US |
dc.subject | ILMU PENGETAHUAN ALAM | en_US |
dc.subject | KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS | en_US |
dc.title | Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP | en_US |
dc.type | Article | en_US |
dc.identifier.prodi | Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan | en_US |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
31_ARTIKEL_JPMIPA_SRI.pdf | 996.58 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.