Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115964
Title: Pengembangan E-Lkpd Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Authors: DEVI, Romadhona Millenia
BUDIARSO, Aris Singgih
WAHYUNI, Sri
Keywords: MODEL PENGEMBANGAN 4-D
E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING
Issue Date: 14-Jul-2022
Publisher: Jurnal Eduscience
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan pengembangan yang dilakukan antara lain: 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), dan 3) development (pengembangan) tanpa disseminate (penyebaran). Validasi dianalisis berdasarkan validitas konstruk dan validitas isi dari 3 validator. Kepraktisan dianalisis dari hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran dari 3 observer. Keefektifan dianalisis berdasarkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan angket respon. E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan diuji terbatas pada 16 peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dibuat memperoleh persentase validitas 86,9% dengan kriteria sangat valid, skor kepraktisan 3,47 dengan keterangan terlaksana dengan jelas, dan keefektifan berdasarkan uji N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan angket respon sebesar 94,26% dengan kategori sangat baik.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115964
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13_ARTIKEL_JES_ROMADHONA.pdf1.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.