Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115957
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURYAH, Dian Fajar-
dc.contributor.authorNUHA, Ulin-
dc.contributor.authorWAHYUNI, Sri-
dc.date.accessioned2023-05-09T07:13:32Z-
dc.date.available2023-05-09T07:13:32Z-
dc.date.issued2022-07-01-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115957-
dc.description.abstractKeterampilan proses sains merupakan keterampilan untuk mempelajari fenomena alam untuk memperoleh dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Siswa yang memiliki keterampilan proses sains akan dapat memecahkan masalah, membentuk konsep, dan mampu mengembangkan kreativitas. Hasil penelitian sebelumnnya menunjukkan bahwa keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA masih rendah. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor seperti kurangnya bahan ajar untuk digunakan agar keterampilan proses sains meningkat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis potensi lokal De Djawatan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan pada model ADDIE, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Hasi penelitian menunjukkan bahwa e modul berbasis potensi lokal termasuk ke dalam kriteria: (1) valid dengan nilai sebesar 85%; (2) sangat praktis dengan nilai 89,2%; dan (3) efektif dengan kategori peningkatan sedang. Siswa menunjukkan respon positif dengan persentase 86%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Pendidikan MIPAen_US
dc.subjectE-MODUL BERBASIS POTENSI LOKALen_US
dc.subjectMODEL ADDIEen_US
dc.titleThe Development of De Djawatan Local Potential-Based E-Module for Science Learning to Improve Science Process Skills of Junior High School Studentsen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11_ARTIKEL_PHENOMENON_DIAN FAJAR.pdf1.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.