Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115950
Title: Pengembangan E-Lkpd Berbantuan Flip Pdf Professional pada Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa SMP
Authors: GAURISANKAR, Farah Alya
WAHYUNI, Sri
NUHA, Ulin
Keywords: E-LKPD
FLIP DPF PROFESIONAL
HIGHER ORDER THINKING SKILS
Issue Date: 1-Nov-2022
Publisher: Science Education Journal
Abstract: Pengembangan e-LKPD berbantuan flip PDF professional digunakan untuk mengembangkan HOTS siswa di pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan e-LKPD berbantuan flip PDF professional yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan model ADDIE yang dimulai dari tahap analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari beberapa validator menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor presentase 93% dengan kategori sangat valid dan baik untuk digunakan. Hasil kepraktisan dalam penggunaan e-LKPD saat pembelajaran diperoleh presentase 88,7% dengan kategori baik. Dalam mengetahui peningkatan HOTS siswa, dilakukan uji N-Gain dan diperoleh nilai 0,65 dengan kriteria sedang yang berarti e-LKPD berbantuan flip PDF professional cukup efektif untuk meningkatkan HOTS siswa. Hasil respon siswa terhadap penggunaan e-LKPD yang dikembangkan menunjukkan rata-rata skor presentase 58,94%. Berdasarkan hasil analisis yang didapat maka e-LKPD berbantuan flip PDF professional pada pelajaran IPA untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills siswa layak digunakan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115950
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
6_ARTIKEL_SEJ_FARAH (1).pdf1.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.