Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115840
Title: Pengaruh Biaya Produksi Dan Bauran Pemasaran terhadap Pendapatan Usaha Petani Tembakau di Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso
Authors: PRASADAMA, Aurel Jr
Keywords: PENDAPATAN USAHA
BIAYA PRODUKSI
BAURAN PEMASARAN
Issue Date: 9-Jan-2023
Publisher: Fakultas ekonomi & bisnis
Abstract: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Biaya Produksi dan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pendapatan Usaha Petani Tembakau di Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso”. Faktor Biaya Produksi dan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan usaha. Semakin besar biaya produksi yang dikeluarkan semakin besar juga pendapatan yang akan diterima, begitu juga sebaliknya. Selain itu Bauran Pemasaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan pendapatan usaha. Semakin luas cakupan bauran pemasaran yang dijalankan maka semakin meningkatkan pendapatan usaha. Tujuan peneliti yaitu (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial Biaya Produksi terhadap pendapatan usaha (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap pendapatan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian de skriptif, asosiatif dan pengaruh dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel acak sederhana. Sedangkan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Adapun analisis data yaitu regresi linier berganda menggunakan SPSS version 22. Berdasarkan hasil kuesioner yang diolah menggunakan SPSS version 22 menyimpulkan bahwa secara parsial biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha petani tembakau di Desa Sumber Canting terlihat dari nilai sig. Regression Residual untuk X1 Biaya Produksi terhadap Y Pendapatan Usaha sebesar 0,000<0,05 sedangkan nilai t hitung sebesar 30,522 dan t tabel sebesar 2,0195 artinya t hitung>t tabel. Secara parsial Bauran Pemasaran tidak berpengaruh terhadap pendapatan usaha petani tembakau di Desa Sumber Canting terlihat dari nilai sig. Regression Residual untuk X2 Bauran Pemasaran terhadap Y Pendapatan Usaha sebesar 0,898 > 0,05 sedangkan nilai t hitung sebesar 0,130 dan t tabel sebesar 2,0195 artinya t hitung<t tabel. Akan tetapi Bauran Pemasaran memiliki peranan terhadap peningkatan pendapatan usaha hal ini terlihat dari nilai mean untuk bauran pemasaran hasil olah data SPSS sebesar 36,61 yang berarti memiliki kriteria “Baik”.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115840
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Economics

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-05-04
1.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.