Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115768
Title: Mekanisme Kerjasama dengan Vendor di Event Organizer Paradigma Asia Surabaya
Authors: PUTRI, Indra Ayu Prawidya
Keywords: event organizer
Vendor
Issue Date: 22-Nov-2022
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Mekanisme Kerjasama dengan Vendor di Event Organizer ParadiGma Asia Surabaya; Indra Ayu Prawidya Putri, 190903102027; 2019: 44 halaman; Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Perkembangan dunia bisnis di Indonesia yang begitu pesat mendorong para pelaku bisnis untuk terus berinovasi dalam mempertahankan bisnisnya agar tetap berjalan dan dapat selalu memenuhi kebutuhan konsumen. Tantangan dan masalah melakukan bisnis di era globalisasi tentu akan sangat kompleks. Berkembangnya teknologi yang sejalan dengan penyesuaian masyarakat mengenai perkembangan teknologi ini tentu sangat membantu masyarakat dalam banyak hal, termasuk dalam bidang pariwisata. Peran teknologi yang telah berkembang pesat di lingkungan masyarakat tentu dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi sektor pariwisata dengan sangat mudah. Adapun beberapa faktor yang membuat produk dari sebuah perusahaan memiliki branding, salah satunya adalah dengan jasa event organizer yang digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan produknya. Prinsip dari event organizer adalah membantu client menyelnggarakan acara yang telah direncanakan. CV. ParadiGma Asia dalam melakukan kerjasama dengan vendor ada beberapa tahapan – tahapan antara lain : Intention, ParadiGma Asia menentukan tujuan kerja sama dengan vendor dan menjelaskan kepada client terkait jasa event organizer dalam menyelenggarakan sebuah acara yang diinginkan. Pada tahapan ini ParadiGma memperkenalkan profil perusahaan vendor yang akan dilakukan kerjasama untuk mengetahui layak atau tidaknya untuk mengikuti acara event. ParadiGma Asia menentukan ide atau rencana event dari client yang akan melaksanakan kepada vendor yang dipilih. Apabila sudah cocok terkait pengenalan dan penawaran dengan pihak vendor, ParadiGma Asia akan melakukan proses negosisasi. Negotiation, Proses negosiasi dalam sebuah acara sangat penting, karena pada negosiasi tersebut merupakan kesepakatan kedua pihak. ParadiGma ix Asia meminta penawaran lebih spesifikasi kepada vendor terkait harga barang atau jasa yang disediakan. Selanjutnya, ParadiGma Asia menyampaikan harga penawaran kepada client disebuah acara event. Apabila sudah sepakat, maka ParadiGma Asia menghubungi vendor yang bersangkutan untuk dilakukan proses kerjasama dan pembagian keuntungan dari sebuah event. Initial Acceptance,pada tahap ini ParadiGma Asia membuat proposal yang berisikan kreatif konsep dan rancangan anggaran biaya untuk project tersebut. ParadiGma Asia juga menanyakan kepada client terkait berapa budget yang disediakan, agar dapat sesuai dalam memenuhi kreatif konsep. Agreement Onterm, Pada tahapan ini adalah jangka waktu untuk menentukan berlakunya kerjasama yang dimulai sejak tanggal perjanjian ditandangani oleh kedua pihak. Beberapa perjanjian yang disepakati oleh ParadiGma Asia kepada vendor seperti : jangka waktu kerjasama tergantung berapa lamanya program atau event tersebut (1 minggu. 1 bulan, 2 bulan), waktu pembayaran (untuk menentukan DP dan pelunasan), seluruh hak dan kewajiban dari tiap pihak (Client maupun Event Organizer). Signing, setelah beberapa tahapan diatas yang telah disepakti maka kedua pihak dengan vendor memandatangani kerjasama yang telah disepakati dan bermaterai.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 3 Mei 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115768
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Social and Political Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
tugas akhir new.pdf
  Until 2028-02-01
2.13 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.