Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115705
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-lkpd terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pokok Bahasan Besaran dan Satuan
Authors: FEBRIANTI, Intan Rania
Keywords: PBL
BELAJAR
HASIL BELAJAR
BESARAN DAN SATUAN
Issue Date: 2-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran fisika merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan sadar dan mempelajari tentang fenomena, gejala, peristiwa, sehingga akan membentuk kemampuan pemahaman siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Aktivitas dan pemahaman siswa yang kurang mengakibatkan hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Oleh karena itu diterapkanlah model PBL yang diharapkan dapat menjadi pengalaman belajar siswa dalam menyelesaikan masalah. Media E-LKPD digunakan karena sesuai dengan model yang diterapkan sehingga dapat menjadi petunjuk penyelesaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh signifikan model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD terhadap aktivitas belajar siswa SMA pokok bahasan besaran dan satuan, mengkaji pengaruh signifikan model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar siswa SMA pokok bahasan besaran dan satuan, mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan model PBL berbantuan E-LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMAN 2 Jember tahun ajaran 2022/2023 dan sampel yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Desain penelitian ini yaitu post test only control desaign. Teknik analisis data untuk aktivitas dan hasil belajar dilakukan dengan menggunakan SPSS yaitu jika data terdistribusi normal maka akan dilakukan uji statistik Independent Sampel T Test dan jika data tidak terdistribusi normal maka dilakukan uji Mann Whitney U. Teknik analisis data untuk respon siswa dilakukan dengan penyebaran angket pada kelas eksperimen. Hasil uji normalitas aktivitas belajar siswa terdistribusi normal sehingga akan dilanjutkan dengan uji statistik Independent Sampel T Test. Berdasarkan data hasil uji statistik Independent Sampel T Test hasil tes dinyatakan signifikanDIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER viii sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan E- LKPD terhadap aktivitas siswa SMA pokok bahasan besaran dan satuan. Sedangkan pada uji normalitas data hasil belajar siswa tidak terdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji Mann Whitney U. Berdasarkan data hasil Mann Whitney U terkait hasil belajar bahwa hasil tes dinyatakan signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan E-LKPD terhadap hasil siswa SMA pokok bahasan besaran dan satuan. Respon siswa berdasarkan data diperoleh rata-rata respon siswa pada kelas eksperimen sebesar 83% yang tergolong dalam kriteria sangat kuat sehingga dapat diartikan siswa merespon sangat baik terkait model dan media yang digunakan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD terhadap aktivitas belajar fisika SMA pokok bahasan besaran dan satuan, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar fisika SMA pokok bahasan besaran dan satuan, rata-rata respon siswa pada kelas eksperimen sebesar 83% yang tergolong dalam kriteria sangat kuat dan dapat diartikan bahwa siswa merespon sangat baik dengan adanya penerapan model pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD untuk materi besaran dan satuan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115705
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repositori unej.pdf
  Until 2028-03-16
3.23 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools