Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/11549
Title: PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN KERUPUK RAMBAK “MAKMUR JAYA†DI JEMBER
Authors: AGUSTIONO
Keywords: STRATEGI PEMASARAN
Issue Date: 20-Dec-2013
Series/Report no.: 030810291043;
Abstract: Perkembangan dunia usaha dewasa ini terjadi sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang berdiri, sehingga dunia usaha telah menjadi ajang persaingan yang ketat. Salah satunya adalah Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†Jember yang bergerak dalam usaha produksi kerupuk rambak dan kerupuk bawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat pada Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†di Jember. Seperti yang telah disebutkan, untuk dapat menentukan strategi perusahaan yang tepat perusahaan harus mengetahui letak kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapi oleh Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†. Oleh karena itu, dalam penyusunan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis SWOT (Strenght, weakness, Opportunity dan Threats) yaitu pendekatan yang digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†Jember. Analisis faktor-faktor internal perusahaan akan mengetahui adanya kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada perusahaan. Selain itu perusahaan juga harus menganalisa faktor-faktor dari luar perusahaan, dengan tujuan untuk mengetahui peluang atau kesempatan bagi perusahaan serta mengetahui pula ancaman atau tekanan dari pihak-pihak yang bersaing dengan perusahaan. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan tujuan untuk menghasilkan strategi pemasaran perusahaan adalah analisis SWOT. Jika para penentu strategi pemasaran perusahaan mampu melakukan mengoperasionalkan analisis SWOT dengan tepat, biasanya akan membuahkan strategi sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil perhitungan kedua faktor strategi internal dan eksternal akan diketahui kekuatan dan kelemahan ada pada sumbu (X) dengan nilai +2 sedangkan peluang dan ancaman berada pada sumbu (Y) dengan nilai +1. Dapat ditarik kesimpulan bahwa menurut analisis SWOT Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†Jember berada pada posisi kuadran I yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif, maksudnya perusahaan harus lebih giat dalam mengatasi perkembangan pasar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan penjualan. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini , maka strategi pemasaran yang tepat pada Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†Jember sebagai berikut : 1. Meningkatkan Kualitas Produk, 2. Mendistribusikan Produk ke Wilayah Baru, 3. Menambah Varian Produk, 4. Mengidentifikasikan Pesaing Baru, 5. Mengembangkan Kualitas SDM, 6. Meningkatkan Promosi Penjualan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11549
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
66_01.pdf62.43 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools