Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115431
Title: Variabel - Variabel yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah dalam Mengambil Keputusan Memilih Kredit Konsumer pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jember Alun-Alun
Authors: 

INDRIJANTO, Agus
Keywords: KEPUASAN NASABAH
PT. BANK MANDIRI
KREDIT KONSUMER
Issue Date: 27-Feb-2005
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Penelitian ini berdasar pada teori kepuasan, kualitas layanan dan teori harga. Dari perkembangan pemberian kredit konsumer di PT Bank Mandiri cabang Jember Alun Alun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti pisik dan harga berpegaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan nasabah yang mengambil kredit konsumer di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jember Alun-Alun dan untuk mengetahui variabel variabel apa yang paling dominan pengaruhnya diantara variabel-variabel tersebut diatas terhadap kepuasan utama bagi nasabah yang mengambil kredit konsumer di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jember Alun-Alun. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling (accidental sampling) kepada nasabah kredit konsumer di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jember Alun Alun sebanyak 120 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Model Analisis Regresi Linier Berganda, yaitu suatu alat analisis untuk mengetahui pengaruh variabel variabel keandalan (XI), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), bukti pisik (X5) dan harga (X6) terhadap kepuasan nasabah pengambil kredit konsumer baik secara simultan maupun parsial. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel variabel tersebut diatas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam memilih kredit konsumer pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jember Alun Alun (Y), hal tersebut dibuktikan dalam perhitungan R Ajusted = 0,695 yang berarti 69,5 % kepuasan nasabah dipengaruhi oleh variabel XI ,X2,X3,X4,X5 dan X6. Hal tersebut juga didukung dari hasil uji signifikansi antara variabel bebas X1,X2,X3,X4,X5 dan X6 terhadap variabel tergantung Y yang secara parsial menunjukkan pengaruh yang kuat dan signifikan dimana pengaruh XI = 0366, X2 = 0,248, X3 = 0,228, X4 = 0,371, X5 = 0,394 dan X6 = 0,298. Urutan pengaruh yang paling dominan adalah harga (X6) = 0,359 , empati (X4) = 0,294, bukti pisik (X5) = 0,274, Keandalan (XI) = 0,257, Keyakinan (X3) = 0,182 dan daya tanggap (X2) = 0,176.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115431
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Agus Indrijanto_030820101005_Tesis.SS.pdf
  Until 2028-04-14
2.76 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools