Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115208
Title: Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (Hots) Untuk Mengukur Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Pada Materi Suhu dan Kalor
Authors: FITROH, Ima
Keywords: Higher Order Thinking Skill
Issue Date: 13-Apr-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Salah satu landasan dikembangkannya kurikulum 2013 adalah menciptakan peserta didik agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga dapat mendorong proses berpikir peserta didik dalam pemecahan masalah. Berdasarkan hasil PISA yang diperoleh Indonesia pada tahun 2018 mengalami penurunan dibandingkan dengan hasil PISA tahun 2015 serta hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih rendah. Salah satu bagian yang terpenting dalam pembelajaran fisika adalah menyelesaikan soal. Sedangkan dalam menyelesaikan soal-soal fisika diperlukan kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Soal HOTS dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah berbasis kontekstual. Oleh karena itu, perlunya mengembangkan instrumen tes higher order thinking skill (hots) untuk mengukur kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, reliabilitas, analisis butir soal tes higher order thinking skill (hots) dan menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika pada materi suhu dan kalor.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115208
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
IMA FITROH - 170210102086.pdf
  Until 2028-04-13
5.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools