Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115044
Title: Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Higher Order Thinking Skills dan Aktivitas Belajar Siswa SMP
Authors: WAHYUNINGTYAS, Alfina Dwi
Keywords: Model Pembelajaran PBL
STEM
HOTS
Aktivitas Belajar
Issue Date: 18-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa dalam menghadapi tuntutan abad 21. Namun demikian HOTS siswa Indonesia pada saat ini cenderung rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL dengan pendekatan STEM terhadap Hots dan aktivitas belajar siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 108 siswa kelas VII SMPN 2 Ajung dengan desain kelompok kontrol non-equivalent. Data HOTs didapat dengan memberikan pretest dan posttest dengan 10 soal pilihan ganda. Penerapan model PBL dengan pendekatan STEM cukup efektif pada kelas eksperimen dengan perolehan rata-rata posttest 85. Hal ini diperkuat dengan uji paired sample sebesar 0.001  0.05 yang dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan pendekatan STEM berpengaruh signifikan terhadap HOTS dan aktivitas belajar. Temuan ini adalah alternatif inovasi model integratif antara PBL dan STEM berdasarkan tingkat keterampilan siswa.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115044
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY UNEJ ALFINA.pdf
  Until 2028-01-18
8.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools