Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114966
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRahmawati, Dian-
dc.date.accessioned2023-04-12T00:59:22Z-
dc.date.available2023-04-12T00:59:22Z-
dc.date.issued2022-12-07-
dc.identifier.nim171710301027en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114966-
dc.description.abstractPotensi rosella (Hibiscus sabdariffa L.) sering dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan fungsional dan biofarmaka. Rosella dapat diolah menjadi produk bernilai ekonomis tinggi yang dapat memberikan nilai tambah dan diversifikasi produk baru. Produk olahan rosella yang memberikan nilai tambah terbesar akan memberikan keuntungan paling besar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis besarnya nilai tambah produk olahan rosella di Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik serta merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat berdasarkan variabel bauran pemasaran pada produk olahan rosella yang memiliki nilai tambah terbesar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Hayami untuk menganalisis nilai tambah dan analisis SWOT dengan variabel marketing mix 7P untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran produk olahan rosella yang memiliki nilai tambah terbesar. Hasil penelitian menunjukkan nilai tambah pada pengolahan rosella menjadi minuman rosella kemasan 250 ml sebesar Rp1.649.125/kg, teh celup rosella ungu sebesar Rp 221.875/kg, sirup rosella sebesar Rp 386.197/kg, bunga rosella ungu kering sebesar Rp 103.960/kg, teh celup rosella merah sebesar Rp165.208/kg, bunga rosella merah kering sebesar Rp 63.960/kg, dan minuman rosella kemasan kardus (32x120ml) sebesar Rp 174.448/kg. Produk yang memiliki nilai tambah terbesar yaitu produk minuman rosella kemasan 250 ml. Strategi pemasaran untuk produk yang memiliki nilai tambah terbesar berdasarkan hasil analisis SWOT adalah strategi SO (Strengths–Opportunities). Strategi SO yang dapat diterapkan yaitu menawarkan produk melalui e-commerce dengan sistem pre-order, menambah kerjasama dengan toko retail dengan sistem konsinyasi, menjalin kemitraan dengan koperasi karyawan, dan mempromosikan secara intensif melalui pemasaran online.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Nita Kuswardhani, S.TP., M.Eng., IPM.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Teknologi Pertanianen_US
dc.subjectANALISIS NILAI TAMBAHen_US
dc.subjectSTRATEGI PEMASARANen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Produk Olahan Rosella Bernilai Tambah Tinggi (Studi Kasus Pada Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik Gresik)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Teknologi Industri Pertanianen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nita Kuswardhani, S.TP., M.Eng., IPM.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dian Rahmawati 171710301027.pdf1.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools